1. Pasangan calon nomor urut tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno menyambangi kediaman Pengampu Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, KH Salahuddin Wahid, di kawasan Jakarta Selatan, Senin (20/3) malam. Dalam pertemuan itu, Gus Solah (sapaan Salahuddin Wahid) berpesan agar Anies-Sandi tetap menjaga persatuan baik selama proses, maupun usai Pilkada DKI Jakarta 2017 berlangsung. Menurut Gus Solah, persatuan dan kesatuan bangsa lebih penting dari kompetisi di Pilkada DKI Jakarta. Ajang ini, sebutnya, tidak boleh merusak kedamaian yang telah lama terbangun. Selain itu, Gus Solah juga mengaku sudah mengenal sosok Anies-Sandi dengan baik. Namun, Gus Solah menekankan, pertemuan yang berlangsung kurang lebih satu jam itu bukan berbicara mengenai dukungan, melainkan hanya ajang silaturahmi dan berbagi cerita seputar pengalaman Anies-Sandi di Pilkada DKI Jakarta.
  2. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan jembatan di Kecamatan Tayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Selasa (21/3/2016). Jembatan yang membelah Sungai Kapuas itu diusulkan diberi nama “Jembatan Pak Kasih”. Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengatakan, Kasih merupakan nama pahlawan setempat yang pernah berjuang melawan penjajahan Belanda.
  3. Manajer idol grup JKT48, Inao Jiro gantung diri di kamar mandi rumahnya pada Selasa (21/3) sore. Jiro merupakan Warga Negara (WN) Jepang lahir pada 11 Juli 1969.  Sebelum meninggal pada Selasa (21/3) sore, Jiro diketahui kerap hadir dalam acara untuk menyampaikan pengumuman di hadapan fans terkait JKT48. Momen terakhir pengumuman dari Jiro di hadapan fans JKT48 yakni dalam acara Sousenkyo JKT48 2017 untuk menentukan member yang akan ada di single ke-17.
  4. Aksi teror London di Jembatan Westminster dan Gedung Parlemen Inggris telah meninggalkan duka yang mendalam tidak hanya bagi warga Inggris, tapi juga bagi publik hampir di seluruh dunia. Tragedi yang terjadi pada Rabu petang, 22 Maret 2017, itu telah menewaskan sedikitnya lima orang, termasuk seorang polisi dan penyerang, serta melukai 40 lainnya.
  5. Apple mendapat kabar baik terkait sengketa hak paten dengan perusahan Cina. Jumat lalu, pengadilan Beijing membatalkan putusan Biro Kekayaan Intelektual Beijing pada Mei 2016 yang menyatakan bahwa Apple telah melanggar hak paten desain dari perusahaan kecil di Cina—dan sudah bangkrut—bernama Shenzhen Baili.
    Sengketa bermula ketika desain model iPhone 6 dan iPhone 6 plus diklaim menduplikasi ponsel pintar 100C milik Shenzhen Baili yang juga memiliki sudut lengkung. Saat menggugat, perusahaan tersebut baru saja berdiri dan ponsel pintar 100C saat itu sulit ditemukan. Awalnya, Apple diminta berhenti menjual iPhone 6 di Beijing, Cina. Namun dengan sigap Apple mengajukan banding, dan diizinkan untuk menjual produk tersebut hingga tinjauan selanjutnya oleh pengadilan.
  1. Ridho Rhoma tertangkap karena menggunakan narkoba berjenis sabu pada Sabtu dini hari (25/3/2017) di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat. Akibatnya, Ridho Rhoma pun terancam hukuman kurang selama 4 tahun penjara.
    Kapolres Jakarta Barat, Kombes Pol Roycke Harry Langie menyebutkan, Ridho mengaku mengenakan narkoba karena beban kerja yang terlalu berat.
  1. Politikus Partai Golkar Nusron Wahid mengajak imam masjid dan ustazah majelis taklim se-Jakarta Timur untuk mendoakan agar pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat menang di Pikada DKI Jakarta putaran kedua.  Nusron yang melakukan istigosah insaniyah di Ciracas, Jakarta Timur pada Minggu malam (26/3) juga memberikan arahan kepada mereka untuk menjaga ukhuwah Islamiyah (persaudaraan berdasarkan agama) dan ukhuwah basyariyah (persaudaraan berdasarkan kemanusiaan).
  1. Dalam sambutannya saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) hari ini (27/3), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para pengusaha muda mengembangkan industri pariwisata nasional.  Jokowi mengungkapkan, Indonesia memiliki potensi sangat besar di sektor pariwisata. Pemerintah telah menetapkan 10 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk digarap sebagai destinasi wisata baru, mulai dari Danau Toba hingga Labuan Bajo. Pariwisata diyakini akan menjadi salah satu sumber ekonomi terbesar di masa mendatang, di samping industri pengolahan berbasis sumber daya alam.  Pemerintah akan menyiapkan infrastruktur dasar ke destinasi-destinasi wisata tersebut. Para entrepreneur muda diminta Jokowi masuk ke sarana pendukungnya seperti restoran, penginapan, kerajinan tangan, dan sebagainya.
  2. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kemampuan daya beli masyarakat terhadap perumahan masih minim. Menurutnya, hanya sekitar 40 persen masyarakat yang mampu membeli rumah tanpa intervensi pemerintah atau melalui pendapatan mereka sendiri. Sementara 40 persen di bawahnya lagi hanya mampu membeli tapi perlu subsidi dari pemerintah. Di sisi lain, kata Sri Mulyani, kebutuhan rumah di Indonesia semakin banyak dari waktu ke waktu karena urbanisasi dan populasi di perkotaan yang semakin meningkat meski kebutuhan akan rumah belum dapat dipenuhi sepenuhnya. Hal ini diutarakan Sri Mulyani saat menjadi keynote dalam acara investor gathering 2017 di Hotel Borobudur, Senin, 27 Maret 2017 Menurut Sri Mulyani, setiap tahun di Indonesia membutuhkan 800 ribu hingga 1 juta rumah, namun kebutuhan itu hanya mampu dipenuhi pihak swasta sebanyak 40 persen dan intervensi pemerintah hanya 20 persen.
  3. Forum Umat Islam (FUI) bersama ‘alumni’ aksi 212 akan menggelar aksi 313 pada Jumat 31 Maret mendatang. Polisi tengah menggelar rapat persiapan pengamanan aksi ini.
    Banyak hal yang dibahas jajaran Polda Metro Jaya menyangkut persiapan aksi 313. Antara lain estimasi massa dan langkah pengamanan yang perlu dilakukan juga strategi antisipasi meningkatnya eskalasi. Aksi pada Jumat besok akan dimulai dengan salat jumat di Masjid Istiqlal. Setelah itu massa akan bergerak ke Monas dan Istana Merdeka.
    Tuntutannya masih sama dengan aksi sebelumnya. Yakni menuntut terdakwa kasus penistaan agama diberhentikan. (1009)