1. Banjir bandang mernerpa Kampung Cihideng, Desa Sukakerti, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang yang menyebabkan lima orang tewas pada Minggu malam (22/5). Hujan deras menyebabkan tiga titik longsor sehingga membendung Sungai Cihideung. Akibat air terbendung longsoran, sungai pun jebol dan menerjang perkampungan warga. Banjir bandang terjadi hampir tengah malam saat warga tertidur pulas, sehingga warga belum sempat menyelamatkan diri. Sebanyak 32 rumah rusak parah, dan 388 warga dievakuasi ke tempat yang lebih aman.
  2. Indonesia gagal membawa pulang Piala Thomas 2016 setelah kalah dari Denmark dengan skor 3-2. Kegagalan ini membuat Tim Thomas Merah Putih harus rela memperpanjang puasa gelar Piala Thomas. Indonesia terakhir kali menjuari Piala Thomas pada 2002. Sebelumnya Tim Uber Indonesia telah lebih dulu kandas di babak perempat final.
  3. Presiden Joko Widodo menerima penghargaan dari Asosiasi Jurnalis Asia sebagai Tokoh Inspiratif Asia 2016 dalam kesempatan kunjungan ke Korea Selatan. Pada kunjungannya itu pula, Pemerintah Seoul menobatkan Presiden Jokowi sebagai warga kehormatan.
  4. Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (AD) kembali menjadi juara umum loma antar AD yang diikuti oleh 20 negara dan diselenggarakan di Australia. Membanggakan dari total 50 mendali yang diperebutkan, Indonesia meraih 23 mendali emas. Dalam sejarah AASAM, TNI AD sejak tahun 2008 hingga 2016 selalu menempati peringkat teratas sebagai pemenang lomba dengan perdikat juara umum.
  5. Polda Merto Jaya, menegaskan organisasi kemasyarakatan (ormas) tidak boleh melakukan aksi sweeping terhadap tempat hiburan malam, di Jakarta dan sekitarnya, pada saat bulan suci Ramadan. Jika ada tempat hiburan yang melanggar ketentuan operasional yang diatur oleh Peraturan Daerah, nantinya akan ditindak polisi. “Tidak ada ormas yang berwenang sweeping. Itu perbuatan melanggar hukum. Kalau mereka begitu, kita tindak” tegas Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moechgiyarto.
  6. Korban jiwa akibat awan panas letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara terus bertambah. Data sementara dari BPBD (22/5), jumlah korban tewas 7 orang, sementara dua mengalami luka bakar serius.
  7. Maraknya perilaku seksual menyimpang yang terjadi di kalangan anak muda akibat meluasnya konten internet yang negatif dan tidak senonoh, menjadi perhatian serius pemerintah. Pemerintah melalui Kementerian dan Informatika (Kominfo) telah berupaya menekan laku masuknya informasi negatif melalui situs porno, dengan ara memblokir situs yang dinilai dapat menyebabkan orang lain melakukan penyimpang dan kejahatan seksual.
  8. Berbagai pihak menyambut gembira ketika Presiden Joko Widodo menyatakan kejahatan seksual terhadap anak sebagai kejahatan luar biasa yang pelakunya harus dihukum berat. Namun sambutan berubah total ketika Menko PMK Puan Maharani menyatakan pemerintah siap mengeluarkan Perppu yang mengandung pemberatan hukuman, termasuk menjatuhkan hukuman kebiri dan memasang microchip terhadap pelaku kejahatan seksual. Keputusan Presiden tersebut dikecam keras para ilmuwan dan aktivis perempuan.
  9. Pertemuan polisi se-ASEAN atau Senior Officer Meeting on Transnational Crime (SOMTC) digelar di Indonesia selama lima hari ( 22-27 Mei 2016). Pada kesempatan ini, sejumlah isu sejak dimulainya MEA menjadi bahasan utama yaitu 11 topik pokok pembahasan, counter terrorism, cybercrime, trafficking in person, illicit drugs trafficking, money laundry, arms smuggling, sea piracy, international economic crime, wildlife and timber trafficking, people smuggling dan illegal fishing. Pertemuan ini juga diharapkan dapat meningkatnya pertukaran informasi untuk pencegahan, penanggulangan, dan pemberantasan kejahatan lintas negara termasuk deteksi aktivitas terorisme.
  10. Presiden Joko Widodo mempersilakan warga untuk mengunjungi Istana Bogor melalui Program Istana Untuk Rakyat (Istura). Pada program tersebut, masyarakat dipersilakan mengelilingi halaman depan dan belakang Istana Bogor, bahkan pihak Istana pun menyediakan juru foto bagi masyarakat yang ingin mengabadikan momen di salah satu sudut yang menjadi simbol Istana Bogor. Istura berlangsung selama lima hari mulai 24-26 Mei dilanjutkan 30-31 Mei 2016. Masyarakat diberi kesempatan berada di Istana Bogor selama 30 menit.