logo top 10

  1. Pada malam pergantian tahun (tahun baru 2014) Pemkot Jakarta selatan akan menggelar panggung rakyat. Selain menampilkan berbagai gelaran musik dan pentas budaya Betawi, seperti lenong Betawi, tari ronggeng, pencak silat, seni palang pintu, tanjidor, dan beberapa tari-tarian khas Betawi, serta kuliner Betawi, acara akan digelar di pelataran Kantor Walikota Jakarta Selatan dan Jalan Raya Prapanca, mulai dari hari Selasa (31/12) pukul 17.00 hingga Rabu (01/12) 01.00 WIB.
  2. Hujan berintensitas tinggi yang mengguyur wilayah Sumatera mengakibatkan dua kecamatan di Belitung Timur terendam banjir setinggi dua meter. Dua kecamatan itu adalah Kecamatan Damar dan Kecamatan Kelapakampit, akibatnya 117 rumah terendam banjir. Kepala pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggunalangan Bencana Sutopo Purwo N menuturkan, akibat banjir itu satu warga bernama Sumarna yang merupakan pekerja tambang, hanyut terseret banjir di kawasan Desa Deniang Kecamatan Riausilip. Sumarna yang terseret arus bersama lima rekannya. Empat diantaranya sudah diketemukan, sedangkan Sumarna belum. Tim SAR terus melakukan pencarian. BPBD bersama unsur lain juga telah memberikan kanjian evakuasi peralatan korban, menyalurkan bantuan cadangan pangan dan sandang tanggap darurat.
  3. Lebih dari satu juta rakyat Amerika Serikat yang menganggur terancam tidak akan lagi terima tunjangan khusus. Ini lantaran program darurat Pemerintah Federal untuk pembiayaan tunjangan itu sudah berakhir pada Sabtu kemarin. Para anggota DPR dan Senat gagal mencapai kata sepakat memperpanjang skema itu sebelum Kongres AS memasuki masa reses di musim dingin. Stasiun berita BBC, Sabtu 28 Desember 2013, melansir total sekitar 1,3 juta penganggur di Negeri Paman Sam terancam tak lagi memiliki uang. Jumlah ini akan semakin berlipat pada 2014, karena program darurat itu juga akan habis masa berlakunya di negara bagian lain dalam enam bulan ke depan. Sementara Presiden Barack Obama berjanji akan memperbarui program tersebut ketika Kongres bertemu kembali di awal Januari 2014.
  4. Menghadapi musim penghujan ini petugas Kelurahan Tanjung Priok, Kec. Tanjung Priok, Jakarta Utara membentuk tim Kelompok Siaga Bencana (KSB) yang beranggotakan pelajar, pemuda dan orang tua. Ini dilakukan agar mereka paham dalam penanganan dan penanggulangan bencana banjir. Program kerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini sengaja melibatkan pelajar agar mereka paham tentang tugas dan tanggungjawab sebagai generasi penerus. Pencanangan tim KSB ini dilakukan untuk mempersiapkan relawan penanganan kejadian. Dalam kegiatan ini turut pula dipersiapkan data diantaranya, panduan tentang banjir, struktur tanggap bencana tingkat keluarahan, saran dan prasarana pendukung jika terjadi banjir dan memerlukan evakuasi warga serta tempat evakuasi warga.
  5. Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) mengajak semua pihak untuk berpartisipasi dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2014. Disampaikan Ketua KPU Husni Kamil Manik, KPU mengajak semua instansi baik pemerintah maupun swasta, termasuk media untuk bersama-sama menyosialisasikan pemilu kepada masyarakat. Menurut Husni, para pemilih yang sudah terdaftar dalam pemilih tetap (DPT) tidak cukup dimotivasi oleh penyelenggara Pemilu untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) menggunakan hak pilihnya.
  6. Waspadai bencana longsor dan banjir bandang pada Januari 2014. Itulah peringatan dari Kepala Subdirektorat Gerakan Tanah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi, Wawan Irawan. Diperkirakan curah hujan pada Januari 2014 jauh lebih tinggi dibandingkan pada Desember ini. Hujan yang mengguyur beberapa wilayah Indonesia pada November lalu telah membuat kandungan air dalam tanah makin jenih. Kondisi tersebut berpotensi menaggangu kesetimbangan, sehingga potensi longsor semakin tinggi. Karena itu, masyarakat dihimbau untuk lebih waspada, terutama yang tinggal di lereng perbukitan.
  7. Saat ini hampir sekitar 1.500 gerbong kereta milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) berumur di atas 20 tahun. BUMN kereta ini mulai tahun depan akan melakukan pembelian 1.000 gerbong baru. Gerbong-gerbong baru ini akan dibeli KAI dari BUMN produsen kereta api yaitu PT Inka yang pabriknya berada di Madiun, Jawa Timur. Selain pembelian gerbong ini, KAI juga terus intens berhubungan dengan pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Gubernur Jokowi dan wakilnya Basuki T. Purnama (Ahok) untuk pembangunan underpass dan flyover di perlintasan kereta api.
  8. Badan Narkotika Nasional (BNN) mencatat terdapat 140 warga negara Indonesia (WNI) yang terancam hukuman mati di luar negeri karena terlibat narkoba. Para WNI yang terancam hukuman mati itu tersebar di sejumlah negara seperti Malaysia, Brazil, Peru, serta negara-negara lainnya. Dari catatan BNN sepanjang 2011-2013 sebanyak 203 WNI terancam hukuman mati terkait narkoba. Namun, dalam rentang waktu tersebut sebanyak 63 WNI telah terbebas dari ancaman hukuman mati.
  9. Warga dan wisatawan yang hendak merayakan malam pergantian tahun di Pantai Kuta harus berjalan kaki. Pasalnya, pihak kepolisian Polresta Denpasar akan menutup total kawasan menuju Kuta dari kendaraan bermotor. Hal ini dilakukan untuk memberi kenyamanan bagi warga dan wisatawan yang hendak menghabiskan pergantian tahun di pantai tersebut. 19 titik arus lalu lintas menuju pantai Kuta akan dialihkan.
  10. Bom bunuh diri yang diledakkan pada Minggu (29/12) pukul 12.45 waktu setempat di stasiun kereta api Volgograd, Rusia menewaskan 16 orang dan sekitar 60 orang lainnya luka-luka. Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow melalui keterangan persnya mengabarkan bahwa tidak ada korban WNI dalam insiden tersebut, pasalnya pihak KBRI telah menghubungi para mahasiswa dan WNI di Volgorad dan semua dalam keadaan selamat.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?60896

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :