logo top 10

  1. Pengamanan terus diperketat jelang penyelenggaraan Asia-Pacific  Economic Cooperation (APEC) 2013  yang akan digelar pada 1-8 Oktober di Nusa Dua, Bali. Penyelenggaraan APEC akan berlangsung di Westin Resort, dimana tepat di depan area The Bali International Convention Center (BICC) yang akan menjadi tempat acara APEC CEO Summit 2013. Ribuan pasukan pengamanan gabungan dari Polisi dan Brimob akan menjaga dan mengamankan jalannya perhelatan APEC 2013, termasuk pasukan pengamanan Presiden (Paspampreas) sudah mulai mengamankan lokasi sejak Minggu (29/9).
  2. Final Konter Miss World 2013 digelar di Nusa Dua, Bali (28/9). Megan Young Asal Philipina berhasil terpilih menjadi Miss World 2013, posisi kedua ditempati oleh finalis asal Prancis, Marine Lorphelin dan di posisi tiga disabet oleh Carranzar Naa Okailey Shooter asal Ghana.
  3. Hampir dua pekan Gunung Sinabung bergejolak dan membuat masyarakat sekitar terpaksa mengungsi. Minggu (29/8), status Gunung Sinabung  turun menjadi waspada (level II) yang sebelumnya Siaga (level III), karena dinyatakan telah aman masyarakat yang mengungsi sudah diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.  Ada sekitar 1.096 pengungsi dari tiga desa. Sinabung adalah gunung tertinggi di Sumatera Utara, dengan ketinggian sekitar 2.600 meter.
  4. Pada 27 Oktober mendatang, Jakarta akan menggelar acara bertaraf internasional yaitu Jakarta Marathon (Jakmar) yang bertajuk Festival City Marathon. Gubernur DKI Jakarta menilai acara ini dapat menjadi salah satu cara untuk mengangkat nama Jakarta sebagai Destinasi Sport Tourism Dunia. Acara berlevel internasional itu terselenggara atas kerjasama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Pemda DKI Jakarta.  Rute Jakarta marathon nantinya akan melewati jalan-jalan penting di Jakarta dan para peserta akan diajak menikmati keindahan Jakarta.
  5. Puluhan aktivias mahasiswa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Banyuwangi, Jawa Timur menentang pelaksanaan APEC di Bali. Tak hanya itu, mereka juga menolak kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Mahasiwa  menilai pelaksanaan APEC hanya akan merugikan negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Mahasiswa mengancam akan menurunkan pendemo lebih banyak lagi untuk menentang pelaksanaan APEC.
  6. Sebagai langkah antisipasi cepat untuk menghadapi musim hujan yang diperkirakan akan terjadi pada bulan Oktober, Pemprov DKI Jakarta mulai mempersiapkan diri untuk mengantisipasi banjir yang kerap melanda Jakarta. Salah satu langkah nyata yang dilakukan adalah melakukan pengerukan di beberapa waduk di Jakarta. Pengerukan dilakukan untuk mengembalikan fungsi semula yaitu menampung air sehingga tidak menyebabkan banjir dan menggenangi pemukiman warga.
  7. Ledakan Bondowoso sempat membuat geger masyarakat sekitar. Ledakan yang terjadi di Gang Malabar, Kutakulon, Bondowoso itu disebabkan oleh mercon atau petasan dan menewaskan 3 orang. Bahkan ledakan dasyat itu menyebabkan 21 rumah rusak yang tujuh diantaranya rata dengan tanah. Setelah diselidiki, sumber ledakan berasal dari rumah anggota koramil bernama Serka Agus yang menjadi korban tewas. Untuk mengungkap terjadinya ledakan, aparat keamanan masih terus melakukan penyelidikan.
  8. Lagi, buruh mengancam akan menggelar aksi massa dan mogok kerja untuk menuntut kenaikan upah minimum provinsi (UMP) sebesar 50 persen  pada 2014. Aksi mogok akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut pada akhir Oktober mendatang jika pemerintah tidak memenuhinya.
  9. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merencanakan untuk merevitalisasi 18 terminal yang ada di Ibu Kota menjadi seperti hotel bintang lima. Dari belasan terminal tersebut, tiga terminal besar yang juga direvitalisasi diperdiksi bakal rampung pada 2015 mendatang, yaitu terminal Pulogadung, Kampung Rambutan,  dan Kalideres.  Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan revitalisasi terhadap tiga terminal besar tersebut akan dilakukan secara bertahap. Revitalisasi terminal diharapkan dapat mengubah kondisi terminal yang selama ini tidak tertata dengan baik, termasuk menempatkan para pedagang di terminal di tempat yang layak dan bersih.
  10. Pemprov DKI Jakarta berencana menerapkan sanksi sosial bagi warga Jakarta yang terbukti melanggar peraturan daerah (Perda). Penerapan hukuman sosial dinilai lebih efektif dibanding sanksi hukuman penjara. Hukuman penjara dianggap tidak selamanya baik karena bisa menyebabkan dendam. Sebagai contoh untuk pelanggaran kendaraan yang masuk jalur busway, maka akan dikenakan sanksi blokir STNK. Pemprov DKI masih terus menggodok beberapa aturan yang akan diterapkan untuk masyarakat yang melanggar perda termasuk bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan, dan parkir sembarangan.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?58970

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :