1. Sidang ke-12 dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) digelar di auditorium Kementerian Pertanian (Kementan), Jalan RM Harsono, Jakarta Selatan, Selasa (28/2/2017). Sidang dimulai sekitar pukul 09.10 WIB dan berakhir pukul 14.10 WIB. Dalam persidangan ini, ahli pertama yang memberikan keterangan adalah ahli agama Islam yang merupakan imam besar FPI Habib Rizieq Syihab. Rizieq dalam kesaksiannya menyebut Ahok menggunakan Al-Maidah ayat 51 sebagai alat penistaan agama. Ahli kedua adalah ahli pidana dari MUI Abdul Choir Ramadhan. Abdul Choir berasal dari Komisi Hukum dan Perundang-undangan MUI. Penasihat hukum Ahok menolak mengajukan pertanyaan, baik kepada Rizieq maupun Abdul Choir. Keduanya dianggap punya conflict of interest.
  2. Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (1/3/2017) pada pukul 12.30 WIB. Kedatangan Raja Salman disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo. Selepas itu, Presiden beserta rombongan langsung bergegas menuju Istana Kepresidenan Bogor untuk melakukan penyambutan kenegaraan. Di Istana Bogor, Raja Salman mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi. Di hari kedua kunjungan ke Jakarta, Raja Salman dan delegasi berkunjung ke Kompleks Parlemen, Senayan. Raja Salman berpidato di hadapan seluruh anggota MPR, DPR, DPD dan tamu undangan yang hadir. Dari gedung DPR/MPR, Raja Salman menuju Masjid Istiqlal. Kunjungan Raja Salman di Masjid Istiqlal hanya berlangsung selama 15 menit. Raja Salman dan Presiden Jokowi hanya melakukan shalat sunah tahiyatul di Masjid Istiqlal. Tak hanya itu, Raja Salman juga bertemu dengan 28 tokoh lintas agama. Raja Salman menilai Indonesia terbukti mampu menjaga stabilitas negara di tengah masyarakat yang beragam.
  3. Rombongan Raja Salman bin Abdulaziz al Saud akan memperpanjang liburannya di Bali hingga 12 Maret mendatang, atau tiga hari lebih lama dari jadwal semula. Raja Salman dan rombongannya tiba di Bali pada Sabtu (4/3/2017) lalu, dan semula diberitakan akan tinggal di Pulau Dewata hingga 9 Maret 2017.Namun demikian, informasi terakhir yang diungkapkan oleh PT Jasa Angkasa Semesta (JAS), keberadaan anggota rombongan bahkan Raja Salman di Bali akan sampai 12 Maret.
  4. Pasangan Calon (Paslon) Petahana Gubernur dan Wakil Gubernur dalam Putaran kedua Pilgub DKI Jakarta 2017, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat melakukan walk out, Sabtu (4/3/2017) malam. Aksi tersebut sebagai bentuk protes terhadap KPU DKI Jakarta.Dalam Rapat Pleno Terbuka KPU Provinsi DKI Jakarta, Sabtu (4/3) malam, anggota KPU tidak kunjung datang hingga pukul 20.00 padahal waktu yang dijadwalkan adalah pukul 19.00 WIB. Hal tersebut dianggap sebagai tindakan yang tidak profesional dari para anggota KPU DKI Jakarta. Djarot mengatakan pihaknya menghormati KPU Provinsi DKI Jakarta sebagai pelaksana acara namun tidak bisa mentolerir acara yang terlambat hingga satu jam. Mengenai walk out Ahok-Djarot ditanggapi oleh Kepala Bagian Hukum, Teknis dan Humas KPU DKI Jakarta, Sahruni,. Ia mengakui jika ada kesalahpahaman terkait aksi walk out paslon Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Syaiful Hidayat pada acara rapat pleno terbuka penetapan tahapan putaran kedua Pilkada pada Sabtu (4/3). Pihak KPUD mengaku tidak dapat menghubungi LO paslon nomor urut dua tersebut sebelum acara dimulai.
  5. Tommy Page meninggal. Kematiannya masih menyisakan misteri. Diduga, Tommy meninggal dunia karena bunuh diri. Beberapa media luar menyebutkan, Tommy Page meninggal gantung diri. Namun, hingga kini belum ada pernyataan resmi dari pihak berwenang terkait kematian pelantun I’ll Be Your Everything tersebut.
  6. Seekor hiu paus atau hiu tutul terlihat di perairan teluk Jakarta pada Minggu (5/3/2017) kemarin. Kejadian ini direkam oleh salah seorang anak buah kapal (ABK) Kargo 08 saat berlayar menuju Pulau Cipir. Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Seribu Yusen Hardiman menuturkan posisi kejadian langka itu berada di antara Pulau H dan Muara Kamal. Meski tergolong besar, hiu paus tersebut bukanlah hewan buas karena memakan plankton. Hiu paus atau hiu tutul (Rhincodon typus) adalah hiu pemakan plankton yang merupakan spesies ian terbesar. Ia biasa makan dengan menyaring air laut menyerupai kebanyakan jenis paus. Ia memiliki mulut yang sangat besar selebar 1,5 meter yang berisi 10 lembaran penyaring dan memiliki 300-350 gigi kecil. Ikan ini juga memiliki lima pasang insang berukuran besar.
    Hiu paus punya ciri pola warna di punggungnya yang tutul-tutul abu-abu-putih dengan perut putih. Dua mata yang kecil terletak di ujung depan kepalanya yang datar dan lebar. Hiu ini mengembara di samudera tropis dan lautan yang beriklim hangat, dan dapat hidup hingga berusia 70 tahun. Spesies ini dipercaya berasal dari sekitar 60 juta tahun yang lalu.
  7. Kerajaan Arab Saudi memberikan cenderamata berupa pedang berwarna emas kepada Polri. Cenderamata istimewa itu diberikan melalui Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi. Kapolri Jenderal Tito Karnavian menerima langsung pemberian pedang emas saat Dubes Arab Saudi berkunjung ke Polri. Namun Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar menyatakan, cenderamata itu bukan untuk pribadi Tito, melainkan untuk institusi Polri. Tak sembarang Kerajaan Arab Saudi memberikan cenderamata berupa pedang berwarna emas. Sebab, pedang memiliki makna khusus bagi Saudi yakni kekuatan, keadilan dan keberanian. Simbol pedang juga terdapat di bendera kenegaraan Arab Saudi. Pedang emas yang diberikan kerajaan Arab Saudi ke institusi Polri membuka kembali lembaran sejarah di masa lampau. Presiden ke-2 Indonesia Soeharto juga pernah mendapat cenderamata berupa pedang Arab yang disepuh emas dari raja Arab. Pemberian cenderamata diserahkan langsung oleh Raja Faisal kepada Soeharto saat jamuan makan malam kenegaraan di Istana Merdeka pada 10 Juni 1970, 47 tahun silam. Saat itu bertepatan dengan kunjungan Raja Faisal ke Indonesia.
  8. Meski belum secara resmi, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menunjukkan sinyal akan maju ke Pilgub Jabar. Secara tersirat, pria yang karib disapa Emil itu mengaku siap maju.
    Dalam beberapa survei independen, pria berkacamata itu memang cukup populer dan memiliki elektabilitas yang cukup tinggi. Namun hingga saat ini belum ada gambaran partai mana yang akan menjadi kendarannya untuk maju ke Pilkada Jabar.
    Di Balai Kota Bandung Jalan Wastukanca, Senin (6/3/2017), Emil tak mau besar kepala, karena saat ini dia bukan merupakan kader partai politik. Sehingga untuk maju ke Pilgub Jabar memerlukan dukungan partai politik.
  9. Calon gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan tiga Anies Baswedan meyakini seandainya saat ini tidak berlangsung (Pilkada) DKI 2017, maka semua orang pasti akan mendukung terealisasinya wacana program Rumah DP 0 Rupiah yang kini tengah digaungkannya. Menurut Anies, program rumah DP 0 rupiah adalah sebuah terobosan bagi pihak yang menilainya secara obyektif. Penilaian secara obyektif inilah yang dianggap Anies tidak dimiliki oleh pihak yang saat ini mencibir wacana program tersebut. Program rumah DP 0 rupiah yang digaungkan Anies bukan berarti menghilangkan proses DP saat proses pembelian hunian tempat tinggal di Jakarta. Melainkan, ada mekanisme pengganti syarat DP yang dianggap memberatkan. Dengan program rumah DP 0 rupiah, Pemprov DKI disebut akan menalangi pembayaran DP tersebut ke bank. Sementara, warga yang mengajukan kredit rumah mencicil kepada Pemprov DKI.
  10. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sempat bertemu dengan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono saat sama-sama menghadiri undangan pernikahan. Ahok mengaku hormat kepada mantan presiden yang juga Ketum Partai Demokrat itu.
    Ahok mengatakan tidak ada pembicaraan soal Pilgub DKI 2017, yang memasuki putaran kedua. Sebuah foto yang beredar menunjukkan interaksi SBY dan istrinya, Ani Yudhoyono, dengan Ahok serta sang istri, Veronica Tan. Pada foto itu, tampak Veronica, yang memakai baju putih, bersalaman dengan SBY.Ibu Ani, yang memakai kebaya merah, berada di samping SBY serta berhadapan dengan Veronica dan Ahok. Ahok sendiri berdiri di belakang Veronica. Keempatnya tampak tersenyum. (1009)