1. Tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan mengikuti Pilkada DKI 2017 resmi diumumkan. Tiga pasangan calon resmi mendaftar ke kantor KPU DKI akhir pekan lalu, bertepatan dengan hari terakhir 23 September 2016.  Calon pasangan yang akan meramaikan Pilkada DKI 2017, terdiri dari pasangan:  Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Syaiful Hidayat, pasangan yang diusung oleh empat partai ( PDIP, Nasdem, Hanura, Golkar), pasangan kedua adalah Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni yang diusung partai Demokrat, PPP, PKB, dan PAN. Pasangan ketiga adalah Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno diusung Partai Gerindra dan PKS.
  2. Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat memperpanjang masa tanggap darurat bencana banjir. Hal ini dilakukan untuk mempermudah akses dalam penanganan bencana. Hingga kini pencarian korban terus dilakukan. Dari data Basarnas, korban meninggal mencapai 34 orang, 19 korban masih dilaporkan hilang  dan sebanyak 6.361 jiwa pengungsi di 12 titik pengungsian. Banjir bandang menyebabkan ribuan rumah rusak, diantaranya ada yang hanyut dan rusak parah. Fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, tempat ibadah dan bangunan umum lainnya juga tidak luput dari terjangan banjir dan tanah longsor yang terjadi pada Rabu pekan lalu.
  3. Presiden Joko Widodo mengambil langkah untuk mengatasi banjir Garut. Menurut Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Presiden mengintruksikan dibentuknya tim khusus yang di dalamnya berisi figur dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Pertanian. Bencana yang diakibatkan kerusakan alam di alam hulu, karena itu presiden meminta dilakukan penanganan di hulu. Presiden Jokowi memantau langsung perkembangan dan proses pemulihan pasca bencana banjir bandang dan tanah longsor di wilayah itu.
  4. Massa pengunjuk rasa yang mengatasnamakan keluarga Kerajaan Gowa, Sulawesi Selatan, membakar kantor DPRD Gowa, Senin (26/9). Aksi ini merupakan buntut dari polemik Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2016 tentang Lembaga Adat Daerah (LAD). Aturan itu menyebutkan, bupati menggantikan kedudukan raja Gowa, meski bupati tidak memiliki keturunan raja Gowa. Keputusan itu membuat pasukan Kerajaan Gowa mengamuk. Akibat kejadian itu, Kantor DPRD Gowa beserta barang inventaris habis terbakar. Beberapa mobil yang terparkir di halaman kantor DPRD Gowa rusak karena terkena lemparan batu. Polisi telah menetapkan tujuh tersangka dalam insiden pembakaran kantor. Ketujuh tersangka terlibat dalam kasus pembakaran, pengerusakan dan pencurian.
  5. Jembatan penyeberangan orang (JPO) Pasar Minggu ambruk saat hujan deras dan angin kencang (24/9), kejadian ini menewaskan 4 orang dan 7 korban luka-luka karena terjepit runtuhan jembatan. Untuk sementara, penyebab jatuhnya JPO karena tidak kuat menahan beban saat angin kencang, disinyalir beban JPO terlalu berat karena menopang reklame iklan. Tidak ingin mengulang kejadian yang sama, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengintruksikan Dinas Perhubungan dan Transportasi agar mengaudit kondisi JPO diseluruh Jakarta. Jika diketemukan JPO dalam kondisi rawan atau rusak berat, maka intruksi pembongkaran akan dikeluarkan jika memungkinkan. Pemprov DKI Juga melarang seluruh jenis reklame dan iklan dipasang di JPO. Menurut Ahok baik iklan berupa papan reklame maupun light emitting diode (LED) berpotensi membuat JPO ambruk seperti terjadi di JPO Pasar Minggu.
  6. Jelang Pilkada serentak, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta masyarakat berperan aktif mencegah adanya kampanye negatif melalui media sosial. Mendagri meminta masyarakat melapor ke pihak kepolisian apabila ada pihak-pihak yang menyebar isu-isu mengandung muatan SARA atau provokasi. Selain masalah provokasi, Tjahjo juga berharap masyarakat dapat mengawasi adanya praktik politik uang menjelang pilkada. Ia menegaskan, akan terus menjalin komunikasi dengan kepolisian, Badan Intelejen Negara, Bawaslu, Kemenkominfo dan pihak-pihak terkait untuk mencegah adanya kampanye negatif.
  7. Warga Gili Genting, Sumenep, Jawa Timur dikagetkan dengan jatuhnya benda misterius, Senin (269). Benda hitam pekat mirip drum aspal dan berupa serpihan itu ditemukan warga di tiga tempat. Benda tersebut sempat dicurigai sebagai bagian dari pesawat, namun belakangan terungkap jika benda itu adalah sampah antariksa. Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, memastikan benda yang jatuh di Sumenep, Jawa Timur merupakan bagian dari roket II Falcon 9 yang berasa dari satelit Jepang bernama JCSAT 16 yang diterbangkan pada 14 Agustus 2016. Untuk mengetahui ada atau tidaknya kandungan berbahaya didalamnya, Thomas menyatakan benda-benda tersebut dibawa ke Lapan untuk diperiksa.
  8. Ribuan buruh menggelar aksi di depan Istana Negara dan Balai Kota. Masa buruh dari berbagai daerah itu menyuarakan beberapa tuntutan, antara lain meminta pemerintah mencabut Undang-Undang Tax Amnesty, mencabut PP No 78/2015, tolak upak murah, naikan upah minimum regional 2017 sebesar Rp 650.000. Mereka juga menyerukan agar tidak memilih Ahok karena dinilai bermasalah. Tak hanya di Jakarta, serikat buruh juga menggelar aksi demo di Medan, Sumatera Utara. Ribuan buruh tergabung dalam Aliansi Buruh Bergerak Sumatera Utara (ABBSU) menggelar aksi di depan Kantor Gubernur Sumut dan DPRD Sumut.
  9. Untuk memantau penggunaan media sosial untuk kampanye pasangan pemilu kepala daerah membuat, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyiapkan petugas khusus untuk melakukan pemantauan. Sanksi administratif hingga pembatalan pencalonan akan dilakukan jika penggunaan media sosial memuat konten yang sifatnya melanggar hukum. Situs populer yang akan diawasi adalah Facebook, Twitter dan Instagram. Bawaslu mewajibkan setiap situs media sosial tim kampanye dilaporkan ke KPU yang akan ditembuskan ke Bawaslu. Setiap calon hanya diperbolehkan memiliki tiga akun situs internet yang dikelola pribadi maupun dikelola tim relawan.
  10. Program pengampunan pajak (tax amnesty) yang digulirkan pemerintah membukukan deklarasi harta paling besar di dunia, hasilnya jauh dari Italia, Spanyol, Australia dan negara lainnya yang menerapkan program serupa. Indonesia memecahkan rekor sebagai negara tersukses dengan total laporan harta wajib pajak lebih dari Rp 3.000 triliun. Sebelumnya pencapaian laporan harta tertinggi hasil program pengampunan pajak dicatatkan oleh Italia pada 2009 dengan total Rp 1.179 triliun hingga akhir periode.