1. Pemprov Bali terus berupaya meningkatkan standar keamanan salah satunya membeli x-ray detector senilai Rp60 miliar. Pengadaan alat pendeteksi keamanan tersebut sangat penting sebab Pulau Dewata menjadi daerah tujuan wisata dan keamanan menjadi faktor utama pada jasa kepariwisataan. Dijelaskan Ketua Komisi I DPRD Bali Made Arjaya, rencana pembelian alat detektor buatan Amerika itu sudah masuk dalam APBD 2012, dan saat ini dalam proses tender.
  2. Surat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang meminta perpanjangan permohonan maaf bagi empat Warga Negara Indonesia (WNI) yang terancam eksekusi mati dikabulkan Raja Arab Saudi Abdullah.Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Michael Tene, di Kantor Kemenlu, Jakarta, Jumat menyatakan, tanggal 3 Mei pemerintah Arab Saudi memberikan perpanjangan waktu selama tiga bulan bagi empat WNI yang terancam hukuman mati.
  3. Peredaran senjata api (senpi) sudah tidak terkendali dan semakin meresahkan. Pemerintah dan kepolisian diminta segera menertibkan keberadaan senpi yang sudah sangat mengganggu ketenteraman masyarakat tersebut.Dari data Imparsial menyebutkan kurang lebih ada 46 kasus penyalahgunaan senpi baik dilakukan aparat keamanan maupun masyarakat sipil dari tahun 2005 sampai 2012. Bahkan menurut Imprasial data versi Polri sepanjang 2009 sampai 2011 kepolisian telah menangani 456 kasus penggunaan senpi ilegal.
  4. Akhirnya pemerintah membatalkan rencana pengaturan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) untuk jenis kendaraan pribadi di atas 1. 500 cc. Namun meski tidak ada aturan untuk penggunaan BBM subsidi, pemerintah tetap menyarankan masyarakat yang memiliki kendaraan pribadi di atas 1. 500 cc untuk menggunakan pertamax. Aturan pembatasan BBM diperuntukan bagi kendaran pelat merah, hal itu disampaikan oleh Menteri Energi Sumber Daya Mineral Jero Wacik. “Kendaraan pelat merah meliputi kendaraan dinas pemerintah, BUMN, dan BUMD. Akan ada Peraturan Menteri ESDM, dan sudah disetujui Presiden, yang melarang kendaraan dinas pemerintah menggunakan premium besubsidi,” paparnya.
  5. Magelang dipercaya menjadi tuan rumah olah raga internasional hash 2012, 24-27 Mei 2012. Hash adalah olah raga lintas alam jejak non kompetisi yang lebih cenderung seperti jalan-jalan, fun dengan nuansa tantangan medan alam dan pemandangan. Event bertajuk Borobudur Interhash 2012 itu akan diikuti oleh ribuan peserta dari 50 negara di tiga benua, Asia, Eropa, dan Amerika.
  6. Pemerintah melalui Kementerian ESDM sedang mematangkan lima langkah penghematan. Program yang akan dicanangkan bulan ini, diharapkan bisa menghemat enam juta kilo liter BBM bersubsidi. Salah satunya, tepat pada pukul 18.00 WIB seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di seluruh Kementerian/Lembaga (K/L) tak boleh lagi ada yang bekerja.
  7. Pemerintah kini tengah menanti tanggapan Amerika terkait kelapa sawit indonesia yang pernah diklaim tidak ramah lingkungan oleh Amerika. Hal ini disampaikan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krinamurthi di Jakarta (7/5). “Kita masih dalam proses menunggu, tanggapan soal sawit sudah dikirim” katanya. Bahkan bukan hanya Kementerian Perdagangan yang melayangkan tanggapan, tetapi asosiasi dan sejumlah pihak terkait juga ikut melanyangkan sanggahan dan menunggu tanggapan balik dari Amerika.
  8. Banyak pihak mendesak Polri untuk segera merevisi Surat Keputusan (Skep) Kapolri nomor 82/II/2004 yang mengatur masyarakat sipil tertentu diperbolehkan memiliki senjata api untuk bela diri. Banyaknya kasus kekerasan menggunakan senpi menjadi satu hal yang perlu mendapat perhatian. Anggota DPR, Didi Irawadi mendukung pembekuan kepemilikan senpi. Menurutnya rentetan kekerasan, ancaman dan teror dengan menggunakan pistol telah menimbulkan keresahan dan ketakutan di masyarakat. Untuk itu izin kepemilikan senpi untuk kalangan sipil harus dicabut, tidak perduli siapa pun termasuk anggota DPR, gubernur, bupati, bahkan pengusaha sukses.
  9. Kembali Datasemen Khusus (Densus) 88 Polri berhasil menangkap 12 terduga teroris di tiga tempat berbeda di Jakarta dan Sumatera. Menurut Kadiv Humas Polri Irjen Saud Usman Nasution, pada 3 Mei ada 7 terduga teroris yang ditangkap di Jakarta. Dari penangkapan tersebut polri mengembangkan penyelidikan hingga tertangkap lagi 5 terduga teroris lainnya di Sumatera. Polri masih belum memberikan keterangan lengkap terkait tertangkapnya 12 terduga teroris karena masih dalam proses penyelidikan.
  10. Gubernur DKI Fauzi Bowo mulai dibuat kesal dengan aksi bentrok organisasi masyarakat yang akhir-akhir ini kerap terjadi di Jakarta. Menanggapi kericuhan itu, Foke menegaskan akan mengusut siapa dan menjerat hukum siapa saja pihak yang terlibat. “Saya sudah tegaskan, tidak ada tempat untuk pihak yang melanggar hukum. Warga Jakarta butuh rasa aman,”paparnya. Bentrokan yang terjadi pada Senin (7/5) dini hari antara Forum Betawi Rempug dan Pemuda Pancasila memakan korban bernama Hamdani (19), korban terkena luka bacok di bagian ketiak kanan, bokong kanan dan kelingking. Saat ini korban masih ditangani secara intensif di rumah sakit.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?38114

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :