KabariNews – Perbincangan KabariNews dengan Monica Tanuhandaru, Direktur Eksekutif Partnership for Governance Reform Indonesia. Monica mengulas tentang para diaspora Indonesia yang menetap di Negeri Paman Sam, yang memiliki keinginan kembali ke tanah air dan membangun usaha. Namun, ternyata para diaspora mengalami kesulitan untuk mengurus perijinan usaha.

Seperti apa iklim usaha bagi para diaspora di era  Presiden Jokowi? Menurut Monica, pada dasarnya pembangunan ekonomi merupakan tujuan utama dari kepemimpinan Jokowi. Yang paling penting adalah memberikan kesempatan memajukan ekonomi untuk semua.

“Terutama memberikan prioritas pada strat up  (perusahaan rintisan), UKM, serta perusahaan yang baru mulai. Dalam hal ini mengenai perijinan-perijinan untuk diaspora Indonesia lebih luasnya lagi pada masalah investasi bisnis, bukan hanya diaspora atau investor luar negeri, namun dengan kata lain banyak perusahaan yang tidak mendapatkan prioritas jauh lebih maju sebagai pelaku bisnis,” terang Monica.

Perlu diperhatikan bagi pelaku bisnis adalah pentingnya aturan main. Seperti kepastian hukum bagi pelaku bisnis. Karena Indonesia saat ini membutuhkan reformasi hukum. (Kabari1008/foto:ist)