KabariNews – Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2016 akan segera digelar. Acara yang diselenggarakan oleh Ikatan Pecinta Batik Nusantara (IPBN) dan didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Pariwisata RI menjadi ajang yang paling dinantikan.

Di tahun keenam penyelenggaraannya program Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara menjadi satu rangkaian acara dengan Gebyar Batik Muda Nusantara yang merupakan festival batik muda karya Putra Putri Batik Nusantara. Ajang bergengsi nasional ini diikuti ratusan peserta dari seluruh provinsi di Indonesia.

Dalam rangka melestarikan batik Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia dan diberikan penghargaan sebagai The Intangible Heritage of Humanity pada tahun 2009. Diharapkan Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2016 menjadi wadah kreatif dan efektif untuk menumbuhkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap warisan budaya nusantara dikalangan generasi muda, sekaligus untuk meningkatkan industri batik di Tanah Air sehingga mampu menjadi produk kreatif yang benar-benar memberikan dampak positif terhadap perekonomian nasional.

Kesuksesan kegiatan ini hingga periode lima tahun kebelakang telah membuka kemungkinan yang lebih luas bagi generasi muda untuk dapat turut serta mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia ke dunia internasional. Dengan bekal berbagai ilmu pengetahuan serta keterampilan mengenai batik, para Putra Putri Batik Nusantara secara bergantian turut serta melestarikan dan mempromosikan batik di dalam maupun di luar negeri.

Menuju malam final Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara yang akan digelar pada Sabtu, 30 September 2016 di Kuningan City Ballroom, Jakarta Selatan, seluruh peserta telah melewati tahap seleksi.  Proses seleksi yang dilakukan cukup ketat. Peserta tidak hanya dilihat dari penampilan dan kecerdasan tapi juga dituntunt memiliki pengetahuan luas tentang batik. Dari 48 semifinalis yang berhasil lolos, telah terpilih 28 finalis putra putri batik yang akan maju ke babak final.

Sebagai bagian dari rangkaian acara Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2016, digelar malam Unjuk Bakat Pemilihan Putra Putri Batik. Bertempat di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (28/9) para finalis Putra Putri Batik Nusantara menampilkan kebolehannya menari, menyanyi, serta berbagai keterampilan lain yang tentunya diperagakan dengan mengenakan busana batik. Para finalis ini terbagi menjadi empat kelompok yakni Parang, Jelamprang, Truntum dan Kawung yang juga merupakan nama motif batik Nusantara.

Tak hanya menampilkan bakat dan kebolehannya, para peserta juga melewati sesi tanya jawab. Satu per satu finalis menyampaikan visi dan misi tentang batik dan pengetahuan tentang batik. Mereka juga ditantang untuk memaparkan makna dari kegiatan seni yang ditampilkan malam itu.

Kegiatan Gebyar Batik Muda Nusantara dilaksanakan mulai 28 September – 2 Oktober 2016 ini menjadi rangkaian dalam rangka menyambut perayaan Hari Batik Nasional 2016 yang diperingati pada 2 Oktober 2016.