KabariNews – Setiap wanita ingin tampil cantik.  Karena itu, melakukan perawatan wajah merupakan hal yang wajib. “Kecantikan di wajah kita itu tercermin dari kesehatan yang  di dalam tubuh. Jadi  dengan tubuh yang sehat akan tercermin kecantikan , “ tutur dr Haryani Dipl.Cib.Acp dari Klinik Tiara Estetika.

Saat ditemui KabariNews di Mall Grand Indonesia, Haryani menjelaskan bahwa ada perawatan wajib bagi kaum hawa.  “Sebenarnya yang penting kita membersihkan kulit kita, supaya kulit kita tetap sehat, tidak ada penyakit yang menyertai kulit, supaya jangan ada flek, jerawat, dan kulit kita ga berkerut,” tandas Haryani yang siang itu tampil chic dengan dress warna violet.

Lanjut Haryani, membersihkan wajah merupakan elemen penting yang tidak bisa diabaikan. “Pembersihan muka harus dilakukan, dan kemudian pemakaian krim disesuaikan dengan kulit kita, dan usia kita. Tak hanya krim wajah, sunblock itu penting untuk melindungi kulit kita dari matahari. Jadi membutuhkan pelembab atau peremajaan kulit,” kata Haryani.

Nah, jika Anda memiliki kulit berminyak, maka facial perlu dilakukan secara rutin. “Bila kulit kita berminyak dan banyak komedo, maka harus dilakukan lebih sering dibanding kulit kering. Misalnya 2 minggu atau 1 bulan sekali,” terang Haryani.

Dikatakan Haryani, dalam rentang usia tertentu, setiap wanita mengalami masalah yang berbeda-beda. “Usia 20-30an, problem jerawat dan banyak komedo. Usia 30an itu mulai timbul flek, pigmentasi. Di atas 45an, kulit berkerut, kendur. Jadi problemnya sesuai usia penuaan,” kata Haryani.

Untuk mengatasi berbagai masalah yang dialami wanita, banyak cara yang harus dilakukan. “Sebenarnya jerawat itu karena banyak faktor. Jadi kita juga punya banyak cara pencegahan. Kita harus banyak minum air putih, pola makan yang sehat, konsumsi buah-buahan dan sayuran, karena penyebab jerawat itu berlebihan konsumi yang berminyak. Jadi kita batasi makanan berlemak dan lebih banyak yang berserat,” tukasnya.

Sementara untuk mengatasi flek atau pigmentasi di wajah,  wajib menggunakan pelembab dan sunblock.  “Gunakan krem malam yang bisa menghilangkan flek, dan kita bisa kombinasi dengan peralatan di klinik. Bisa dengan laser, microdemabrasi, dan chemical peeling, “ tukasnya.

Sedangkan untuk mengatasi kerutan bisa menggunakan krem dan botox. (Kabari1009/foto&video:1006)