Organisasi kemanusiaan yang terbentuk dalam Yayasan Dokter Peduli atau yang lebih dikenal dengan doctorSHARE merupakan organisasi kemanusiaan nirlaba yang memfokuskan diri pada pelayanan kesehatan dan bantuan kemanusiaan.

Yayasan yang didirikan oleh seorang dokter spesial bedah ini resmi berdiri pada tanggal 19 November 2009, dokter tersebut adalah dr. Lie A. Dharmawan.
doctorSHARE merupakan pelayanan medis yang berupaya mengakselerasi penigkatan kesehatan di wilayah terpencil tanpa akses kesehatan dengan melibatkan masyarakat lokal dan melakukan inovasi kreatif di bidang medis, serta menciptakan ruang untuk mendukung upaya saling berbagi dan mengasah idealisme sesuai prinsip yang dianut oleh organisasi.

Memasuki usianya yang ke delapan tahun, doctorSHARE tetap berusaha bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat demi pelayanan kesehatan yang lebih baik untuk negeri ini. Perjalanan demi perjalanan dilewati dengan semangat dan optimisme.

Memasuki Satu windu usianya, doctorSHARE terus menjalankan programnya yang inovatif dan berbasis pelayanan. Program Rumah Sakit Apung (RSA) dr. Lie A. Dharmawan dan RSA Nusa Waluya I berlayar menuju pulau-pulau terpencil dan terluar di tanah air.

Kegiatan penyuluhan kesehatan, pengobatan umum, pemeriksaan kehamilan, bedah mayor dan bedah minor menjadi serangkaian kegiatan saat RSA singgah di satu daerah.

Selain itu, doctorSHARE juga sedang proses membangun Rumah Sakit Apung ketiga yang diberi nama RSA Nusa Waluya II.
Perkembangan proses renovasi secara signifikan ditunjukkan di tahun ini. Secara fisik mulai terlihat renovasi container yang disulap menjadi berbagai ruangan.

Direncanakan, rumah sakit ini akan menjadi Rumah Sakit Umum Tipe D terapung pertama di Indonesia. Program Flying Doctors (Dokter Terbang) menjadi program yang berlangsung di tahun 2017.

Dokter terbang dihadirkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat di daerah yang hanya dapat diakses melalui jalur udara, program ini mulai terlaksana pada tanggal 16 Maret 2015 dan hingga saat ini sudah melakukan beberapa aksi pelayanan medis di daerah-daerah pegunungan Papua.

Mengemban misi memperbaiki derajat kesehatan Indonesia, terutama di Indonesia Timur melalui penyediaan akses pelayanan kesehatan holistic dan program inovatif berkesinambungan berbasis semangat kerelawanan.
dr. Lie A. Dharmawan mengungkapkan kebahagiaannya yang sudah melewati 8 tahun sebagai pelayanan medis, yakni dengan bisa memberikan orang lain bahagia dan bisa mengeluarkan mereka (pasien yang membutuhkan) keluar dari kesulitan hidupnya.

“Bagi saya, membahagiakan orang lain agar keluar dari kesulitan hidup mereka, itu adalah yang menjadi cita-cita bagi saya, itu adalah makna kehidupan saya, dan saya berbahagia oleh karenanya,” ungkap dr. Lie saat wawancara bersama Kabari di kawasan Jakarta Selatan.

“Yang ingin saya lakukan ke depannya adalah secara kulitatif kita sudah mencapai tahap yang tinggi, tapi kuantitatif kita masih kurang. Ini yang saya akan tingkatkan,” tambah dr. Lie.
Menurutnya, kualitas tetap terus dijaga pun dengan kuantitasnya ditingkatkan agar benar-benar kita bisa memberikan bantuan ke seluruh Indonesia.

Meski kadang mengalami tantangan saat berada di atas laut, datangnya ombak secara tiba-tiba tidak membuat dr. Lie dan tim patah semangat untuk melayani medis bagi mereka yang membutuhkan, meskipun ketika awal berangkat cuaca cukup baik.

Mengenakan batik dan selempang yang bertuliskan 72 Ikon Prestasi Indonesia, dr. Lie mengungkapkan makna selempang yang ia kenakan, yakni merupakan pengakuan dari pemerintah yang diberikan kepada 72 orang yang dianggap berprestasi dalam mengamalkan Pancasila. Dan ini merupakan cita-cita Bung Karno, Presiden pertama Republik Indonesia.
Diakui dr. Lie, doctorSHARE adalah salah satu yang dianggap benar-benar menjalankan apa yang dicita-citakan oleh Bung Karno ketika Pancasila dicetuskan.

Memiliki tujuan mulia sebagai penyediaan akses pelayanan kesehatan berkesinambungan dan holistic bagi orang yang terjebak dalam krisis, dr. Lie bersama tim yang tergabung dalam doctorSHARE ini mempunyai harapan untuk mewujudkan mimpi Indonesia Sehat. Dengan penuh semangat, yayasan dokter peduli ini terdorong untuk terus meningkatkan kualitas. Pemerataan akses kesehatan di Indonesia bukan lagi sebuah angan-angan, tindakan nyata menjadi kunci mewujudkan mimpi tersebut.