KabariNews – Restoran yang berdiri dalam satu grup dengan nama Tugu Grup ini memiliki banyak cabang dengan konsep dekorasi yang berbeda-beda di kawasan Jakarta.

Salah satunya, Lara Djonggrang, adalah sebuah restoran dengan dekorasi unik yang mengangkat kisah warisan budaya candi Prambanan atau yang lebih dikenal dengan candi Roro Jonggrang.

Disamping itu, sesuai dengan tema restoran tersebut, menu yang ditawarkan adalah menu masakan nusantara yang sangat diminati oleh masyarakat urban di ibukota.

Rumah makan yang didirikan oleh Melati Tanjung Sari sekitaran tahun 2005 ini memiliki ornamen yang tertata rapi nan unik di tiap sudut ruangannya. Ada patung Roro Jonggrang, ada tapak kaki Budha, bahkan barang-barang antik zaman dulu yang biasa dipakai pada saat zaman kerajaan pun masuk dalam deretan ornamen.

Konsep tersebut selain bisa dijadikan sebagai wisata kuliner, juga bisa memberikan edukasi mengenai warisan budaya nusantara bagi pengunjungnya, karena setelah menikmati hidangan di resto tersebut, tamu bisa keliling untuk melihat – lihat ornamen di kawasan rumah makan Lara Djonggrang.
Untuk menu masakan Indonesia yang ditawarkan cukup bervariasi, dari mulai masakan khas Jawa hingga Sulawesi dan Sumatera juga tersedia disini.

“Disini kita ada macam nasi campur kepulauan, sate juga ada disini, terus juga ada cemilan – cemilan khas Indonesia. best seller disini namanya pasar sate tugu, jadi ada satu perahu naga, lumayan besar, ada Sembilan macam sate dari beberapa daerah, ada sate lidah padang, ada sate kambing, sate ayam, sate cumi manado, juga ada sate yang di Bali berikut sambelnya sebagai pelengkap, untuk sayurannya ada oseng petai dan daun papaya,“ jelas Widya selaku front liner di Restoran Lara Djonggrang saat wawancara dengan Kabari.

Lebih lanjut ia menjelaskan, menu tersebut merupakan salah satu menu andalan yang ada di Lara Djonggrang. Selain bisa dinikmati untuk acara keluarga atau bersama teman- teman, menu sate tersebut memiliki keistimewaan dengan rasa yang berbeda-beda.

Restoran ini buka setiap hari pada pukul 11.00 – 01.00 WIB, dan setiap akhir pekan resto ini ramai dikunjungi oleh para tamu turis asing dari berbagai mancanegara. Selain itu, dari kalangan selebriti seperti Jesica Iskandar, Almarhum Jupe, juga pernah mampir ke Lara Djonggrang.
Untuk tokoh atau pejabat pemerintah pun pernah singgah, diantaranya Sutiyoso (Mantan Gubernur DKI), Bapak Presiden Jokowi saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI, begitu pun dengan Ahok (Mantan Gubernur DKI) yang kerap memesan makanan di restoran ini.

Dengan demikian, resto ini berharap pengunjung semakin meningkat dan berusaha menjadi yang terbaik dan semakin berkembang.(Kabari1008)