Sinta Penyami, pendiri tarian dance “Modero Dance Group” di Philadelphia dengan bangga menampilkan group tari profesional di DisneyWorld Florida, Desember yang lalu.
Ini merupakan pertama kali group tari tradisional Indonesia tampil di acara bergengsi akhir tahun DisneyWorld Florida. Sekitar 500-an pengunjung memenuhi amphitheatre DisneyWorld

Sinta Penyami adalah sosok yang mungil, energetik, dan selalu mendapatkan banyak ide dan inspirasi yang selalu bertujuan untuk menguntungkan masyarakat (seni) Indonesia dan internasional dimanapun dia berada. Semenjak pindah ke Amerika pada tahun 1999 ke Delaware (kemudian berikutnya ke Philadelphia), Sinta tergugah untuk membuat suatu sanggar seni tari Indonesia, terutama buat anak-anak Indonesia yang lahir dan besar di Amerika Serikat.

“Selalu bangga sebagai orang Indonesia, dengan kekayaan budaya dan intelektual kita, dan selalu harus mencoba menolong orang lain, terutama kalangan Diaspora Indonesia di mana saja, di seluruh penjuru dunia. Kita harus selalu bangga dan bahu-membahu saling mengangkat group kita sendiri.” Kata Sinta kepada Kabari.

Berangkat dari situlah akhirnya Sinta terinspirasi membuat suatu sanggar kecil, yang dinamakan Modero. Uniknya, nama Modero itu ternyata bukan berasal dari kata “modern”, tetapi berasal dari Mo – Dero yang sesungguhnya mempunyai akar kata-kata dan budaya Sulawesi.

Sinta Penyami berasal dari Poso, Sulawesi Tengah, dan tari Dero adalah salah satu tari kebudayaan daerah yang akan diangkat di panggung internasional. Dalam seluk-beluk kegiatannya, Sinta menginginkan agar kebudayaan tari Indonesia lebih dikenal di Philadelphia.

Mari kita simak lebih lanjut, perbincangan Sinta Penyami dengan Kabarinews Aryo Wicaksono.