Pembagian struktur otak manusia

KabariNews – Lupa berkaitan dengan proses kerja dan memori otak. Peristiwa luar biasa yang menggetarkan hati kita tentu akan tetap diingat, tetapi kejadian yang biasa-biasa saja sangat mudah dilupakan. Bisakah otak manusia mengingat segala sesuatu yang dialami pancaindera? Bisakah kita menghapus lupa sehingga segala sesuatu terekam sempurna dalam otak selamanya?

Sebenarnya proses mengingat dan proses lupa, merukan dua hal yang saling bertolakbelangkang, namun prinsip terjadinya merupakan mekanisme yang terjadi pada tempat yang sama, yang terletak pada hubungan interaksi antara dua neuron atau sel saraf, yang dalam istilah neurosains disebut synapsis.

Mekanisme Terjadinya Lupa

(Gambar 2 Mekanisme terjadinya memori di Otak)

Mekanisme terjadinya memori di Otak

Dalam kondisi normal, lupa bisa merupakan suatu mekanisme pembelaan ego dan merupakan suatu mekanisme pertahanan diri dari berbagai aspek stressor psikologi. Namun dalam konteks lain pelupa juga merupakan salah satu ciri penyakit, misalnya Alzahemer. Sedangkan proses mengingat, terhubung begitu erat dengan proses belajar. Sehingga dapat didefinisikan belajar sebagai suatu proses yang akan mengubah perilaku berikutnya. Demikian pula kemampuan untuk mengingat atas berbagai pengalaman masa lalu.

Memori sangat penting dalam semua proses pembelajaran, karena kemampuan memori memungkinkan kita menyimpan dan mengambil informasi yang dipelajari. Dengan demikian, daya ingat atau memori tergantung pada proses belajar. Demikian pula belajar juga tergantung pada memori.

Daya ingat atau memori ditujukkan dalam penelitain neurosains, bahwa: Jenis memori dapat diklasifikasikan berdasarkan kriteria yang digunakan, dan setidaknya tiga jenis memori dapat dibedakan, yaitu: memori sensorik, memori jangka pendek, dan memori jangka panjang:

  1. Pada Jenis Memori sensorik: mengambil informasi yang diberikan oleh indera dan mempertahankan secara akurat tapi sangat singkat. Memori sensorik berlangsung dalam waktu yang singkat yang sering dianggap sebagai bagian dari proses persepsi.
  2. Memori jangka pendek mencatat sementara peristiwa dalam kehidupan kita. Sebagai contoh, kita dapat mengingat bentuk wajah orang yang kita kenal, atau nomor telepon yang kita dengar dari seseorang, tetapi informasi ini akan cepat hilang, kecuali kita membuat usaha sadar untuk mempertahankannya.
    Memori jangka pendek memiliki kapasitas penyimpanan hanya sekitar tujuh item dan berlangsung hanya beberapa puluh detik.
  3. Memori jangka panjang tidak hanya menyimpan semua peristiwa penting yang dihadapi dalam kehidupan kita, hal ini memungkinkan kita untuk mempertahankan makna kata-kata dan keterampilan fisik yang telah kita pelajari. Kapasitasnya dapat berlangsung berhari-hari, bulan, tahun, atau bahkan seumur hidup.
Interaksi-antara-sel-sel-saraf-diotak-yang-menentukan-kemampuan-memori

Interaksi-antara-sel-sel-saraf-diotak-yang-menentukan-kemampuan-memori

Meskipun masing-masing jenis memori memiliki modus tertentu dan tersendiri, namun mereka semua bekerja sama secara erat dalam proses mengingat dan menghafal. Memori jangka panjang, yang secara keseluruhan ditentukan oleh kriteria berdasarkan durasi yang mana salah satu kriteria tersebut adalah apakah memori jangka panjang tersebut dapat diungkapkan secara nyata.

Berdasarkan kriteria ini, dua bentuk utama dari memori jangka panjang, yaitu:

  1. Memori deklaratif: adalah ingatan yang berhbungan dengan segala sesuatu yang dapat diungkapkan dengan kata-kata, seperti: ulang tahun Anda, pengalaman dan lain-lain.Bentuk ingatan ini juga disebut memori eksplisit, karena Anda dapat memberi nama dan menggambarkan masing-masing hal diingat secara eksplisit.
  2. Bentuk lain dari memori jangka panjang adalah memori non-deklaratif. Hal ini juga dikenal sebagai memori implisit, karena Anda mengungkapkannya dengan cara lain daripada kata-kata.
Sebagai contoh, ketika Anda naik sepeda, menye beberapa bola atau hanya mengikat tali sepatu Anda, Anda mengekspresikan kenangan keterampilan motorik yang tidak memerlukan penggunaan bahasa. Seperti “motor kenangan” hanya satu jenis memori implisit.Sehingga secara prinsip, berdasarkan neurosains, bahwa ingatan atau memori, adalah suatu proses kerja otak, yang ditandai oleh penyimpanan ingatan di dalam system synapses antara neuron, dalam upaya menyimpan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh diri kita.
Meningkatkan Daya Ingat
Berdasarkan mekanisme kemampuan mengingat, ada beberapa teknik yang direkomendasikan oleh pakar neurosains, untuk meningkatkan kemampuan memori. Sehingga untuk meningkatkan daya ingat, perlu dilakukan minimal 3 hal:
  1. Sering mengulang hal-hal penting supaya sensasi system saraf senantiasa diperkuat pada pusat memori diotak.
  2. Mengorganisasi dengan baik proses belajar yang berjalan, sehingga secara sistematis, ingatan tersebut terstruktur dengan baik, yang pada akhirnya memudahkan ingatan.
  3. Mengkonsumsi makanan yang sehat berupa protein-protein yang dibutuhkan untuk proses kerja dan regerasi system saraf.

Penemuan Terbaru Tentang Kemampuan Mengingat

Proses-Regenerasi-di-Otak

Proses-Regenerasi-di-Otak

Dalam penerbitan terbaru, Journal Science edisi SCIENCE VOL 344 9 MAY 2014, mempublikasikan hasil penelitian yang menunjukkan bagaimana kemampuan mengingat berdasarkan modifikasi interaksi antara networking diotak. Dalam publikasih tersebut dijelaskan bahwa sepanjang hidupnya, sel-sel saraf atau neuron baru terus ditambahkan ke dentate gyrus. Karena regenerasi ini terjadi terus menerus, demikian pula mengalami proses remodels sirkuit di hippocampal. Dengan menggunakan model komputasi peneliti dapat memprediksi bahwa neurogenesis mengarah ke degradasi dan mengakibatkan seseorang melupakan kenangan sebelumnya. Konsisten dengan hal ini, bahkan peningkatkan neurogenesis setelah pembentukan memori juga dapat menginduksi terjadinya lupa. Sebaliknya, selama masa bayi, neurogenesis hippocampal meurpakan kondisi kemampuan mengingat tertinggi. Sedangkan penurunan neurogenesis setelah pembentukan memori juga bisa memodifikasi ingatan.

Sehingga berdasarkan penemuan tersebut, kemampuan mengingat yang dalam istilah neurosains disebut neuroplastiti bisa dimaksimalkan selama seseorang masih muda. Olehnya kemampuan memori dimaksimalkan lewat latihan dan makanan yang sehat sejak dini. (1005)