1. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan akan membentuk posko untuk siswa yang putus sekolah. Mendikbud Mohammad Nuh menuturkan posko yang bernama posko pengendalian DO dan keberlanjutan pendidikan dasar dan menengah ini akan dibentuk di tiap dinas pendidikan (disdik) tiap kabupaten/kota. Diharapkan dengan program ini bisa mengendalikan jumlah siswa SD yang putus sekolah. Berdasarkan data dari BPS tahun 2007 dan 2011 secara nasional, 0,68 persen atau kurang lebih 800 ribu siswa SD mengalami drop out karena tidak mampu melanjutkan pendidikan ke SMP.
  2. Beberapa langkah untuk mengatasi kemacetan Jakarta sudah diberlakukan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, salah satunya menaikan tarif parkir sejak 1 Februari. Kebijakan tersebut diharapkan mampu mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Untuk kendaraan roda empat kisaran tarif Rp 3.000 – 5.000 per jam. Naiknya tarif parkir dibarengi dengan diberlakukannya asuransi, jadi warga Jakarta diminta untuk tidak risau karena dengan kebijakan baru, warga akan mendapatkan servis dalam hal peningkatan pelayanan khususnya pengamanan termasuk mengganti kendaraan jika hilang.
  3. Jepang kembali berniat meningkatkan investasi di Indonesia. Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian menggelar pertemuan secara tertutup dengan pengusaha Jepang. Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan isi pertemuan membicarakan tentang rencana pengusaha Jepang yang tertarik melakukan investasi di indonesia. Kerjasama ini diharapkan bisa membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat indonesia. Dan demi kerjasama ini, pemerintah Indonesia juga telah menyiapkan lahan seluar 3.000 hektar jika perusahaan Jepang tersebut jadi berinvestasi.
  4. China berhasil menggeser Amerika Serikat sebagai negara nomor satu penguasa perdagangan dunia. Seperti dikutip Forbes, data Departemen Perdagangan mengungkapkan total nilai perdagangan ekspor impor AS mencapai US$ 3,82 triliun, sementara China pada tahun 2012 mencapai angka 3,87 triliun dolar AS.
  5. Penolakan terhadap Peraturan Pemerintah (PP) terkait tembakau terus bergulir. Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (Gappri) bahkan mengancam akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Gapri menilai keberadaan PP lebih banyak bertujuan untuk memangkas industri rokok skala menengah dan kecil yang tidak bisa memenuhi standar yang dibuat pemerintah. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 109 Tahun 2012 tentang Tembakau akan menaikan impor tembakau dari bakau naik 20 ribu ton menjadi 120 ribu ton pada 2013. PP tersebut berpotensi memukul harga tembakau ditingkat petani lokal.
  6. Badai salju melanda Amerika Serikat bagian timur laut pada Sabtu (9/2). Bencana badai ini menewaskan 9 orang dan menyebabkan aliran listrik putus. Badai kuat yang melanda Great Lakes hingga Atlantik itu meninggalkan salju setebal 90 cm di seluruh daerah Northeast. Badai juga menghantam pantai sehingga peringatan banjir diberlakukan. Sekitar 2.200 penerbangan dibatalkan, sementara bandara internasional Logan di Boston dan Bandara internasional Bradley di Windsor Locks Connecticut pun ditutup.
  7. Indonesia boleh bangga, pasalnya dua komikus Tanah Air, Muhammad Fathanatul Haq dan Ockto Baringbing menerima penghargaan “Silver Award” dalam Kontes Manga Internasional keenam atas karya mereka yang berjudul “5 Menit Sebelum Tayang”. Selain itu 14 karya lain juga menerima penghargaan yang terdiri dari satu “Gold Award”, dua “Silver Award” dan 11 “Bronze Award”. Kontes Manga Internasional pada tahun ini diikuti oleh 245 peserta dari 38 negara.
  8. Untuk mengatasi banjir Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yakin megaproyek tanggul raksasa yang digagas gubernur terdahulu Fauzi Bowo mampu mengatasi banjir yang selama ini meresahkan Jakarta, terutama yang diakibatkan meluapnya air laut dan air pasang. Untuk itu Jokowi mentargetkan pembangunan megaproyek tanggul raksasa akan dimulai tahun ini, meski Kementerian Pekerjaan Umum merencanakan pembangunan baru akan dimulai pada 2016 mendatang. Biaya untuk pembuatan tanggul raksasa tersebut memang tidak sedikit, untuk itu Jokowi akan mencari investor yang bersedia membiayai pembangunan tanggul raksasa.
  9. Sindikat praktik prostitusi secara online melalui situs jejaring sosial berhasil dibongkar pihak kepolisian. Dari sindikat ini, dua orang yang diduga pemilik website telah diamankan termasuk seorang mucikari. Sindikat ini diduga merupakan praktik prostitusi khusus wanita panggilan kelas atas. penangkapan kedua tersangka itu berawal dari informasi bahwa ada praktik prostitusi terselubung yang memanfaatkan media internet. Menindaklanjuti informasi itu, pihaknya kemudian melakukan penyelidikannya di dunia maya, yang kemudian diketahui adanya penawaran praktik prostitusi tersebut melalui laman Bluefame, Friendster, dan Facebook.
  10. Maraknya pelecehan terhadap wanita dan perkosaan di angkutan umum meresahkan masyarakat.  Baru-baru ini seorang mahasiswi nekat melompat dari angkutan umum karena diduga ingin diculik dan diperkosa oleh supir angkutan. Kini korban meninggal dunia karena mengalami luka yang cukup serius setelah dirawat 4 hari dirumah sakit. Atas kejadian ini, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tidak akan tinggal diam, ia mengatakan akan berkerjasama dengan Polda Metro Jaya untuk mencegah terjadinya kejahatan di angkutan umum atau kota.  Selain itu Jokowi juga akan memberlakukan sistem pembinaan satu manajemen untuk mempermudah pengawasan serta pembinaan supir.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?52659

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :