1. Hujan yang terus mengguyur wilayah Bogor, Jawa Barat mengakibatkan rumah warga bantaran Kali Ciliwung di kawasan Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur terendam. Bahkan banjir yang disebabkan oleh luapan air sungai Ciliwung sejak Minggu (18/11) malam mencapai 2 meter, terutama di rumah warga yang berada dipinggir kali. Karena banjir kerap kali terjadi, untuk itu warga setempat berharap kepada Pemprov DKI Jakarta agar segera menyelesaikan permasalahan tersebut.
  2. Banjir melanda sebagian Ibukota Jakarta akibat hujan deras, Minggu (18/11). Gubernur Joko Widodo meminta warga agar tetap bersabar karena pemrov terus berupaya menanggulangi dengan berbagai cara. Orang nomor satu di pemprov tersebut, mengatakan, problema yang melatar-belakangi banjir multi kompleks sehingga tidak dapat dilakukan secara instan. Gubernur yang didampingi Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyo sangat berharap kepada Ketua RT/RW sebagai garda depan masyarakat untuk memimpin warga menggelar kerja bakti setiap Minggu.
  3. Harga minyak dunia diprediksi akan naik, akibat dari gencatan senjata yang terjadi antara Israel dan Palestina. Kekhawatiran makin meningkat setelah Israel mengatakan akan memperluas serangannya di jalur Gaza. Situasi ini dikhawatirkan juga dapat meluas dan membahayakan pengiriman minyak mentah dari Timur Tengah. Menurut Mike Witter, kepala riset pasar minyak dari Societe Generale SA di New York, setiap terjadi konflik di Timur Tengah harga minyak akan bergerak lebih tinggi, walaupun peperangan tidak dekat dengan produksi minyak, namun bisa berimbas pada gangguan pengiriman.
  4. Pasokan daging sapi di Kota Jakarta kian langka. Persolan ini menyebabkan puluhan ribu pedagang daging terancam tutup akibat harga daging yang terus naik. Hal ini terjadi karena pemerintah memangkas kuota daging sapi import, pada 2011 lalu import daging mencapai 100 ribu ton, sedangkan pada 2012 hanya sebesar 34 ribu ton. Kementerian Pertanian bersikeras untuk memfokuskan daging lokal, karena dirasa masih mampu memenuhi kebutuhan pasar. Mamun sayangnya hal tersebut berdampak pada DKI Jakarta, pasalnya dari pasokan daging sapi menurun karena Jakarta tidak memiliki sarana peternakan dan penggemukan sapi.
  5. Lonjakan harga daging sampai mencapai Rp 100.000 per kg di Jakarta dan sekitarnya bukan hanya memicu mogok para pedagang daging sapi, tapi juga para pedagang bakso. Mereka memilih untuk tidak berjualan karena dipastikan akan rugi. Kisaran harga yang masih bisa diterima para pedagang agar mendapatkan untung adalah sekitar Rp 70.000 per kg.
  6. Diperkirakan dalam sehari volume sampah di Jakarta mencapai 6.500 ton. Melihat angka tersebut, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Kebersihan terus mengembangkan berbagai teknologi pengolahan sampah. Dinas Kebersihan mengembangkan sampah melalui program 3R yaitu reduce, reuse, recycle. Saat ini terdapat 94 titik 3R yang tersebar di 5 wilayah kota, serta mampu memproduksi sampah hingga 350 ton per hari atau sekitar 5 persen dari total sampah di Jakarta.
  7. Belum sepekan, peraturan baru yang mengatur sistem alih daya atau outsourching ditandatangani oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar, tapi sudah diprotes banyak pihak terutama Asosiasi Bisnis Alih Daya Indonesia ( ABADI), yang akan segera menggugat beleid tersebut karena dianggap bisa mematikan bisnis outsourcing. Kepala Divisi Humas dan Informasi ABADI, Reza V. Maspaitella menilai, aturan baru outsourcing bertentangan dengan Undang-Undang tentang Ketenagakerjaan yang masih memberikan ruang penambahan sektor pekerjaan alih daya di luar lima  jenis pekerjaan yang dialih dayakan. Untuk itu setelah aturan baru outsourcing selesai diundangkan, ABADI akan langsung mendaftarkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara agar permenakertrans tersebut dibatalkan.
  8. Memasuki akhir 2012, komisi dan alat kelengkapan DPR kembali akan melakukan lawatan ke luar negeri. Kegiatan ini menuai banyak protes dari berbagai kalangan, yang menilai kunjungan ke luar negeri tidak terlalu banyak membawa manfaat. Menanggapi kritikan dari masyarakat, Ketua Komisi IV DRP Romahurmuzy menegaskan, anggaran ke luar negeri sudah melekat dalam paket pembahasan undang-undang sehingga selalu tersedia anggaran. Kunjungan luar negeri diserahkan pada masing-masing komisi dan diberikan kebebasan apakan digunakan atau tidak. Ditambahkannya setiap anggota yang berangkat ke luar negeri wajib melaporkan hasil lawatanya.
  9.  Yogyakarta akan diusulkan sebagai kota kreatif ke United Nation Education Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Pengusulan ini dimaksudkan sebagai peningkatan citra dan kesejahteraan masyarakat Kota Yogyakarta. Diharapkan jika Kota Yogyakarta menjadi kota kreatif akan meningkatkan citra Yogyakarta. Selain itu, juga akan memunculkan industri-industri kreatif lebih banyak lagi, sehingga kesejahteraan masyarakat akan meningkat.
  10. Komisi Pembarantasan Korupsi hari ini (19/11) meluncurkan buku Tunas Integritas pada masyarakat luas, khususnya untuk jenjang PAUD. Tunas Integritas merupakan bacaan cerita anak yang sangat mendidik, yang berisi seputar materi pendidikan antikorupsi, yaitu sebagai upaya pencegahan agar tindak korupsi di Tanah Air lenyap. Peluncuran buku akan dihadiri Ketua KPK Abaraham Samad yang mendongeng untuk 100 anak-anak jenjang PAUD dan usia sekolah jenjang taman kanak-kanak. Kegiatan lain, ada Parade Tokoh Bercerita, dimana salah satu cerita yang ada di dalam buku Tunas Integritas didongengkan.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?50339

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :