1. Polisi berhasil menggagalkan penyelundupan 6 wanita asal Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) yang hendak diterbangkan ke Pulau Batam melalui Bandara Ngurah Rai, Bali (3/2). Para wanita itu rencananya akan dipekerjakan sebagai pembantu rumah tangga di Batam, Kepulauan Riau, namun kepergian mereka tidak dilengkapi dengan dokumen sah. Berdasarkan kecurigaan petugas, maka dua orang yang diduga melakukan tindak pidana perdagangan manusia, ditangkap dan diperiksa petugas.
  2. Harga daging sapi di Indonesia menjadi sorotan karena harganya jauh lebih mahal dari harga pasaran daging di dunia. Tahun lalu, harga daging di Indonesia mengalami kenaikan yang cukup drastis dan hingga kini tidak juga turun. Rata-rata harga daging di negara tetangga berada pada kisaran Rp 40 – 50 ribu per kilogram, namun di Indonesia daging bisa mencapai harga di atas Rp 80 ribu per kilogram.  Untuk itu pemerintah telah menyepakati kuota impor daging sapi tahun 2013.
  3. Banjir hebat yang melanda Jakarta dua pekan lalu, menyebabkan 39 kelurahan di Jakarta Selatan terendam dengan ketinggian air hingga 3 meter. Saat puncak banjir, sedikitnya 52 ribu warga dari 114 RW di 300 RT di Jaksel ditampung di posko pengungsian. Untuk mencegah penyakit pasca banjir, warga diimbau untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan menerapkan prilaku bersih dan sehat. Beberapa penyakit yang harus diwaspadai adalah diare, penyakit kulit, leptospirosis, ISPA dan demam berdarah.
  4. Rencananya DPRD DKI Jakarta akan mensahkan revisi perda perparkiran dalam waktu dekat ini. Perda yang akan disahkan tersebut tarif parkir tidak akan dicantumkan secara rinci melainkan hanya akan mengatur tarif bawah dan tarif atas yang ditetapkan. Revisi tersebut dilakukan secara berkala sesuai dengan penawaran dan permintaan pasar. Dengan direvisinya perda perparkiran nantinya dapat menjadi alat kendali lalu lintas untuk mengurangi kemacetan Jakarta.
  5. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan sistem pembatasan mobil menurut nomor polisi ganjir dan genap akan mulai diberlakukan pada Maret 2013. Jokowi menyakini sebelum diterapkan, dia akan menghitung segala yang diperlukan untuk mendukung pelaksanaan kebijakan tersebut. Perhitungan antara lain, kesiapan angkutan massal yang beroperasi di Jakarta dan untuk ini Jokowi sudah menambah armada meski masih kurang. Di segi ekonomi dan distribusi logistik pun sudah dipikirkan, begitu juga dengan kemungkinan politisasi penerapan ini. Ganjil-genap diberlakukan untuk membatasi masuknya kendaraan ke Jakarta, dan disebut Jokowi sebagai peralihan ke sistem Electronic Road Pricing ( jalan  berbayar).
  6. Strategi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk meredam dan antisipasi banjir di Ibu Kota dengan teknologi cuaca atau rekayasa hujan dianggap berhasil mengurangi intensitas hujan yang turun di wilayah Jakarta.  Jokowi meminta agar Badan Pengkajian dan Penerapan Tekonologi (BPPT) merekayasa cuaca hujan di tengah intensitas hujan tinggi di wilayah Jakarta. BPPT memindahkan hujan di wilayah Jabodetabek untuk digeser ke laut atau daerah lain, hal ini sebagai antisipasi dan upaya untuk mengatasi banjir di Ibu Kota.
  7. Sebanyak 1.000 relawan diturunkan pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam aksi Jakarta Bersih di Lagoa, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Aksi tersebut merupakan gerakan sosial masyarakat rancangan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang mengajak untuk membantu warga yang rumahnya terendam banjir. Sejumlah fasilitas guna mendukung kebersihan pun diberikan Jokowi, antara lain penyedot, obat-obatan dan karbol pencegah bau. Jokowi menghimbau agar selokan- selokan yang ada di daerah tersebut dibersihkan agar salurannya lancar. Program kebersihan ini akan dilakukan secara berkala, bahkan rencananya relawan juga akan diturunkan ke lokasi-lokasi rawan banjir lainnya.
  8. Pendidikan antinarkoba akan segera dimasukan dalam materi pembelajaran kurikulum 2013 dan akan dimasukkan dalam pendidikan ekstrakulikuler. Ini merupakan salah satu langkah pemerintah untuk memerangi narkoba. Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, pendidikan tersebut akan diterapkan di semua jenjang pendidikan, mulai dari SD hingga SMA. Nuh berharap pendidikan ini bisa mengatisipasi penyalahgunaan narkoba sejak dini. Program ini juga akan melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN), dan rencananya akan dimulai pada Juli mendatang.
  9. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama warga bali melakukan gerakan Bali Bersih untuk menyambut KTT APEC pada Oktober mendatang. Gerakan Bali Bersih ini dilakukan untuk menjaga kebersihan pariwisata dan meningkatkan citra indonesia di dunia internasional. Kegiatan ini merupakan aksi bersama yang melibatkan peran serta masyarakat. Upaya menciptakan lingkungan bersih di Bali diharapkan dapat menggugah kesadaran semua komponen di Bali mengenai pentingnya kebersihan secara terus menerus, pasalnya jumlah wisatawan ke Pulau Dewata terus meningkat, tahun 2012 wisatawan mencapai 3,4 juta orang.
  10.  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berlaku hingga 5 Februari besok di wilayah Indonesia. Sejumlah kawasan di Kalimantan Barat dan sekitarnya masuk dalam daftar wilayah yang diperkirakan akan mengalami gelombang tinggi. Perairan Singkawang berpotensi mengalami gelombang antara dua meter hingga tiga meter. Perairan Natuna dan Laut China Selatan diperkirakan akan mengalami gelombang antara tiga hingga empat meter.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?52485

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :