1. Walikota Lhokseumawe, Aceh Saudi Yahya mengeluarkan surat edaran yang menghimbau kaum perempuan tidak duduk mengangkang saat dibonceng. Alasannya, karena kaum perempuan yang duduk mengangkang saat dibonceng sepeda motor tidak sesuai dengan budaya Aceh yang Islami. Imbauan tersebut mulai diberlakukan sejak Selasa (1/1), dan selama bulan Januari ini pihaknya akan mengevaluasi sejauh mana efektivitas surat edaran terhadap masyarakat Lhokseumawe. Wacana ini mendapat tanggapan pro kontra, sebagain menolak bahkan mengecam gagasan Walikota, namun ada juga yang setuju.
  2. Aktivis perempuan di Lhokseumawe menolak keras aturan baru Pemerintah Kota Lhokseumawe, Aceh, terkait larangan duduk mengangkang saat boncengan di sepeda motor. Aturan itu disebut tidak memiliki alasan yang mendasar. Seorang aktivis bernama Safwani menilai peraturan tersebut dibuat tidak melalui analisis dan kajian yang panjang oleh pemerintah setempat. Padahal menurut dia, duduk mengangkang saat dibonceng dengan sepeda motor adalah pose yang aman dan nyaman saat berkendara. Hal serupa juga dilontarkan Putri, salah seorang pegawai Kantor Dinas Kesehatan Lhokseumawe, menurutnya duduk menyamping pada saat dibonceng sangat menyusahkan kaum perempuan, apalagi bila bepergian jauh.
  3. Curah hujan terus meningkat di Provinsi Sulawesi Selatan sehingga menyebabkan Sembilan kabupaten/kota terkena banjir. Musibah ini menyebabkan 2 orang tewas dan 5115 jiwa atau 1100 Kepala Keluarga mengungsi.
  4. Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM terpaksa mengungsikan sebanyak 81 warga negara asing (WNA) akibat kebakaran yang terjadi di Gedung Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU). Wakil Menkum dan HAM Denny Indrayana menjelaskan, 81 WNA tersebut adalah titipan dari Unit Cyber Crime Mabes Polri. Diduga kebakaran terjadi akibat percikan api pada proses pemotongan pipa dalam renovasi saluran hidran di bagian basement gedung. Namun tidak berselang lama api bisa dipadamkan. Akibat insiden ini sebagain sistem pelayanan khusus untuk menangani sistem administrasi badan hukum mengalami kerusakan, untuk itu dalam tiga hari ke depan sistem pelayanan akan ditutup sementara.
  5. Solidaritas anti perkosaan dan perlindungan terhadap korban digalang. Langkah ini dilakukan menyusul kejadian dugaan perkosaan atas bocah kelas 5 SD yang diduga diperkosa dan meninggal di RS Persahabatan. rencananya malam solidaritas akan digalang untuk korban kejahatan seksual pada hari Rabu (9/1) di LPSK Gedung Proklamasi. Malam solidaritas tersebut sengaja digelar untuk mendukung ratusan korban perkosaan yang belum mendapat perlindungan dan pelaku belum dihukum sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
  6. Mobil listrik yang digadang-gadangkan Menteri BUMN, Dahlan Iskan mendapat musibah. Saat sedang melakukan uji jalan, mobil ‘ferrari’ Tucuxi mengalami kecelakaan di Plaosan, Magetan, Jawa Tengah (5/1). Diduga kecelakaan tersebut disebabkan karena rem blong saat melintasi turunan. Tidak mau ambil risiko, mobil seharga Rp 3 miliar itu ditabrakan Dahlan ke tebing dan menyebabkan mobil rusak parah. Beruntung Dahlan dan asisten teknik pribadinya, Riki Nelson yang saat itu bertugas sebagai navigator tidak mengalami cidera maupun luka serius karena menggunakan sabuk pengaman.
  7. Pemerintah provinsi (pemprov) DKI Jakarta telah menyiapkan peraturan gubernur (pergub) tentang sumur resapan yang harus dimiliki di setiap bangunan atau gedung di Ibukota. Untuk itu setiap gedung-gedung nantinya diwajibkan membangun sumur resapan yang nantinya membantu mengatasi banjir Jakarta.
  8. Lebih dari 1.500 rumah terendam banjir akibat luapan Sungai Bengawan Solo yang melewati wilayah bekas Karesidenan Surakarta, Jawa Tengah, seperti di Kota Solo, Kabupaten Karanganyar, Sukoharjo, Klaten, dan Wonogiri. Selain itu, lebih dari 600 hektar lahan pertanian dan kandang-kandang ternak juga terendam banjir, yakni di Kabupaten Klaten, Sragen, dan Karanganyar. Hujan deras yang mengguyur selama beberapa waktu terakhir menyebabkan Sungai Bengawan Solo dan anak-anak sungai yang melintasi wilayah eks Karesidenan Surakarta penuh dan puncaknya meluap sehingga mengakibatkan banjir, Minggu (6/1/2013) dinihari. Selain itu juga terjadi longsor di beberapa wilayah namun tidak sampai menimbulkan korban jiw
  9. Empat orang dilaporkan tewas dalam aksi tembak menembak antara polisi dengan sejumlah pelaku kekerasan bersenjata di Aurora, Colorado, AS. Sabtu (5/1) waktu setempat, terdengar suara tembakan, dan saat itu juga polisi menuju lokasi kejadian. Setelah sempat terlibat dalam aksi baku  tembak dengan pelaku di sebuah rumah, polisi yang memeriksa rumah tersebut  menemukan empat orang tersangka pelaku tewas. Masih belum diketahui motif  dan identitas tersangka dari tiga pria dan satu wanita itu. Saat ini kasus masih dalam tahap penyelidikan.
  10. Pemerintah memberlakukan remisi kepada para koruptor, teroris dan bandar narkoba juga perdagangan manusia, tapi dengan syarat. Kementerian Hukum dan HAM menyatakan bahwa, remisi bisa diperoleh apabila para terpidana kasus besar tersebut bersedia menjadi justice collaborator atau bersedia secara sukarela mengungkap kasusnya. Menurut Wakil Menteri Hukum dan HAM, kebijakan ini tertuang dalam peraturan pemerintah (PP) nomor 99 tahun 2012, yang juga merupakan bagian dari pengetatan remisi kepada pelaku tindak pidana korupsi, perdagangan manusia, terorisme dan bandar narkoba.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?51646

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :