1. Banjir yang terjadi di beberapa Jakarta dan sekitarnya menjadi perhatian khusus pemerintah pusat. Terbukti dana sebesar 2 triliun disiapkan untuk mengatasi banjir yang terjadi pekan lalu. Dana tersebut rencananya akan digunakan untuk menyokong rencana jangan pendek dan jangka menengah, seperti membuat fasilitas MCK (mandi, cuci,kakus) sebanyak 50 unit dan pompa air, yang diperkirakan menghabiskan biaya sebesar Rp 300 miliar. Sisanya akan digunakan untuk membuat sedotan dari Sungai Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur sebesar Rp 500 juta, dan normalisasi sungai sebesar 1,2 triliun.
  2. Hingga Minggu (20/1) proses evakuasi korban banjir masih berlangsung, diperkirakan ada 3 ribu jiwa masih terperangkap banjir di kawasan Pluit, Jakarta Utara. Luasnya areal banjir setinggi 2 meter menyulitkan proses evakuasi. TNI, Polri, dan para relawan dari berbagai elemen terus berupaya untuk menyelamatkan para korban. Waduk Pluit menerima aliran dari Kali Cideng dan beberapa sungai lainnya. Panel 2 pompa banjir berkapasitas 35 m3/detik di Waduk Pluit terendam dan tidak beroprasi. Akhirnya banjir meluas karena pasokan debit di Waduk Pluit terus terjadi, sementara pembuangan air tidak berjalan.
  3. Akibat jebolnya tanggul di Latuharari pada Kamis (17/1) lalu menyebabkan banjir meluap ke sejumlah kawasan di Jakarta, termasuk ke Plaza UOB. Banyaknya air masuk ke basement Plaza UOB menyebabkan 4 orang terjebak di dalamnya. Tim evakuasi berhasil menyelamatkan 2 orang dalam keadaan hidup, sedangkan 2 orang lainnya sudah meninggal dunia. Hingga hari ke-5 insiden banjir di basement Plaza UOB, proses pengeringan masih terus dilakukan. Petugas keamanan pun masih belum memperbolehkan awak media untuk mencari tahu tentang perubahan kondisi terbaru proses pengeringan basement, karena basement gedung itu terutama di basement 2 masih digenangi air sehingga masih berisiko untuk dimasuki. Banyakknya basement menyulitkan pihak kepolisian untuk mengeksplorasi tempat itu. Proses pengeringan melibatkan 11 unit mobil Pemadam Kebakaran.
  4. Untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus flu burung yang belakangan ini merebak, Pemkab Malang, Jawa Timur memberikan bantuan 100.000 vaksin bagi peternak unggas. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehataan Hewan Kabupaten Malang, Sidoarjo mengatakan, vaksin tersebut diprioritaskan untuk kawasan sentra peternakan itik. Langkah ini merupakan salah satu cara untuk mencegah meluanya penyebaran virus H5N1, pasalnya beberapa waktu lalu banyak itik yang mati mendadak, Pemkab Malang perlu turut ikut melakukan pencegahan.
  5. Pemerintah Kabupaten Sukabumi siap memberantas perdagangan manusia, untuk itu pihaknya terus melakukan gerakan sosialisasi penanganan perdagangan manusia, salah satunya dengan member penyuluhan kepada kalangan pelajar. Diberikannya pengetahuan dan pemahaman mengenai perdagangan manusia, misalnya terkait dengan pengetahuan buruh migrant, kekerasan fisik dan psikis, ekspoitasi manusia juga prosedur dan mekanismenya. Dengan berbekal pengetahuan tersebut, para pelajar diminta lebih waspada terhadap tindak pidana perdagangan manusia, sehingga kasus tersebut dapat dihindari.  Dari data Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Sukabumi, sepanjang 2012 kasus perdagangan manusia mencapai 53 kasus dengan korban sebanyak 62 orang.
  6. Sebagian wilayah Jakarta yang terendam banjir, kini mulai surut. Namun meski tidak ada air yang tergenang, bukan berarti kondisi kembali seperti semula. Banjir menyisakan lumpur yang cukup tebal dan untuk membersihkannya butuh waktu lama. Banyak relawan yang membantu tidak saat kondisi banjir saja, mereka yang masih tinggal untuk mengawasi kondisi di beberapa penampungan pun membantu warga yang telah kembali ke rumah masing-masing untuk membersihkan sisa lumpur yang ditinggalkan banjir.
  7. Banjir surut bukan berarti kondisi kembali normal. Kini dampak akibat banjir pun harus diwaspadai masyarakat korban banjir, pasalnya kemungkinan terkena penyakit leptospirosis atau biasa disebut demam kencing tikus. Selain berbahaya, penyakit ini juga bisa menyebabkan kematian.  Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri leptospira berbentuk spiral yang bisa menyerang manusia dan dapat hidup di air tawar selama kurang lebih 1 bulan. Tikus yang juga ikut keluar dari sarang akibat banjir, tidak menutup kemungkinan mengeluarkan kotoran dan kencing di air. Penularan terhadap manusia biasanya terjadi melalui luka yang terkena air yang sudah bercampur dengan kotoran tikus. Untuk itu dihimbau jika warga korban banjir mempunyai luka, sebaiknya berhati-hati ketika membersihkan sisa banjir yang mulai surut, bersihkan luka, bungkus dan usahakan tidak terkena air agar luka tidak terinfeksi virus.
  8. Barack Obama kini telah resmi menjadi presiden Amerika Serikat untuk kali kedua. Dia telah diambil sumpahnya dalam upacara yang berlangsung singkat dan sederhana di Gedung Putih, yang merupakan kediaman resmi Presiden AS. Upacara pengambilan sumpah berlangsung pada Minggu (20/1) waktu setempat. Prosesi berjalan singkat dan hikmat. Di masa jabatannya yang kedua ini, nampaknya Obama sudah dihadang dengan sejumlah tugas berat. Ada tiga masalah besar yang harus dihadapainya, yaitu upaya mengubah undang-undang kepemilikan senjata di kalangan warga sipil, mereformasi kebijakan migrant dan mengatasi masalah utang AS.
  9. Banjir yang sempat merendam beberapa titik wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya mengundang simpati di pemerintah Amerika Serikat. Bantuan sebesar 1,4 miliar diberikan guna membantu korban bencana banjir. Scot A Marciel Dubes AS untuk Indonesia juga menyapaikan rasa simpati yang sedalam-dalamnya kepada para korban banjir. Ia mengaku tersentuh melihat warga indonesia yang saling membantu tanpa pamrih. Bantuan dari AS akan digunakan untuk pengadaan dan distribusi setempat barang-barang bantuan kemanusiaan, termasuk bahan-bahan yang dapat membantu kegiatan pembersihan sisa-sisa banjir. Sehingga memungkinkan warga yang menjadi korban banjir untuk kembali ke kediaman masing-masing.
  10. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa Jakarta darurat banjir hingga 27 Januari mendatang. Dengan adanya pernyataan darurat tersebut, seluruh potensi sumber daya nasional dapat dikerahkan untuk membantu penanganan bencana banjir. Dampak banjir pun tak hanya menggenangi pemukiman penduduk. Istana Negara, Balai Kota Jakarta, sampai kantor KPK pun tak luput dari  banjir. Aktivitas masyarakat pun banyak yang tersendat karena akses jalan terputus akibat banjir. Banyak sekolah yang diliburkan karena terendam banjir, perkantoran dan pertokoan pun tutup. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, banjir di awal tahun 2013 ini menyebabkan sekitar 500 RT, 203 RW di 44 Kelurahan yang tersebar di 25 kecamatan di Wilayah DKI Jakarta terendam banjir.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?52050

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :