Masalah kewarganegaraan RI merupakan isu penting yang banyak menimbulkan rasa ingin tahu masyarakat Indonesia, khususnya yang bermukim di luar negeri. Pertanyaan tentang status kewarganegaraan anak yang lahir di luar negeri atau hasil perkawinan campur, misalnya, sering muncul dari para orang tua. Sudah tentu banyak lagi hal-hal lain yang menjadi pertanyaan di kalangan masyarakat kita, khususnya dengan adanya UU No. 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan RI.

Untuk menjawab berbagai pertanyaan masyarakat tersebut sekaligus dalam rangka mensosialisasikan UU Kewarganegaraan RI tersebut, KJRI Los Angeles akan menyelenggarakan acara “Sosialisasi UU Kewarganegaraan RI” pada Sabtu, 12 Juli 2008  (pukul 19.00 – selesai) bertempat di Gedung KJRI Los Angeles (3457 Wilshire Blvd, Los Angeles, CA 90010).

Acara sosialisasi ini sangat menarik untuk dihadiri seluruh masyarakat Indonesia karena menurut rencana yang menjadi nara sumber utama adalah Bapak Andi Matalatta selaku Menteri Hukum dan HAM RI.

Bersama Menteri Hukum dan HAM juga ikut serta Tim Sosialisasi Terpadu dari Departemen Luar Negeri dan Direktorat  Jenderal Imigrasi (Departmen Hukum dan HAM).

Acara Sosialisasi UU No. 12 ini akan diisi dengan sesi tanya jawab yang sangat penting bagi mereka yang ingin mengetahui atl. hal-hal menyangkut:

  • Masalah pembuatan paspor RI untuk anak di bawah usia 18 tahun yang lahir di luar wilayah RI dengan status orang tua WNI
  • Pembuatan paspor RI untuk anak di bawah usia 18 tahun dari perkawinan campur yang lahir di luar maupun di dalam wilayah RI
  • Prosedur memperoleh kembali kewarganegaraan RI bagi ex WNI berdasarkan perkawinan menurut Pasal 26 UU No. 12/2006
  • Memperoleh kembali kewarganegaraan RI bagi WNI yang kehilangan kewarganegaraannya menurut Pasal 23 UU No. 12/2006 dan Pasal 31 PP No. 2/2007
  • Perkembangan terakhir tentang kebijakan Pemerintah RI di bidang keimigrasian.

Seluruh masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di California Selatan, diundang untuk hadir dan berpartisipasi. Kunjungi webiste KJRI Los Angeles untuk informasi lainnya.

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?31542

Untuk melihat Berita Amerika / KBRI-KJRI lainnya, Klik disini

Mohon Memberi Nilai dan Komentar di bawah Artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Photobucket