KabariNews – Setelah beberapa kali melalui proses pra pertemuan, akhirnya delegasi perdagangan Amerika Serikat (AS) yang dipimpin duta besarnya, Robert O Blake, bertemu dengan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo, Bupati/Walikota se-Jatim, Asosiasi bisnis, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Jatim dan Pimpinan Instansi pemerintah Jatim serta perusahaan-perusahaan di Jatim.

Pertemuan tersebut sebagai langkah kongkrit untuk kerjasama perdagangan antara AS dan Jatim yang berlangsung di kantor Gubernur Jatim Grahadi pada hari Selasa (22/03). Duta besar AS yang didampingi Konsulat Jenderal (Konjen) di Surabaya Heather Variava dan perwakilan kantor perdagangan luar negri AS (US Foreign Commercial Service) membawa 20 pengusaha AS sebagai perwakilan perusahaannya masing-masing yang tergabung dalam delagasi perdagangan AS.

Perusahaan-perusahaan AS yang tergabung dalam delegasi perdagangan AS merupakan perusahaan yang terkemuka antara lain dalam sektor pembangkit listrik, manufakturing, real estate dan perusahaan jasa.

Robert O Blake mengatakan Jawa Timur adalah salah satu yang memiliki peran ekonomi paling penting di Indonesia, dengan kelas menengah yang terus  tumbuh diatas rata-rata.  “Saya senang dapat membawa delegasi perdagangan AS ke Jatim, yang menggarisbawahi kerjasama kita yang lebih dalam serta meningkatkan hubungan antara Indonesia dan AS”, kata Robert .

Sementara itu, Gubernur Jatim, Soekarwo menyatakan, bahwa tidak ada tempat di Indonesia untuk berinvestasi selain Jatim, karena Jatim sangat strategis dan memenuhi syarat untuk berinvestasi.

Disela-sela pertemuan Konjen AS di Surabaya, Heather Variava mengatakan Jawa Timur adalah pintu gerbang untuk berbagai aktivitas bisnis di Indonesia Timur dan hubungan perdagangan ini akan diperkuat dengan hubungan kerjasama dalam sektor pendidikan dan perlindungan lingkungan.

Heather Variava menambahkan mereka tidak hanya mengalokasikan waktu khusus untuk bertemu dengan mitra bisnis di Jatim, namun juga akan memberikan seminar yang bermanfaat bagi pebisnis di Indonesia dalam seminar yang bertemakan Berbisnis Dengan Amerika serikat.

Pertemuan itu juga diisi dengan paparan-paparan atau presentasi dari para asosiasi bisnis, Bupati/Walikota dan perusahaan-perusahaan Jatim sebagai dasar penguatan kerjasama antar kedua delegasi perdagangan.  Delagasi perdagangan AS selain melakukan pertemuan-pertemuan dengan delegasi perdagangan Jatim, rencananya juga akan mengunjungi pelabuhan Teluk Lamong dan Kawasan Industri Gresik.

Kunjungan dagang AS dikelola oleh Kantor Perdagangan Luar Negri AS di Jakarta bekerjasama  dengan konjen AS di Surabaya sebagai promosi perdagangan dari Departemen Pedagangan Internasional AS. (Yan-Jatim)