KabariNews –  Pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui Konsulat Jenderalnya di Surabaya bersama EducationUSA kembali mengadakan pameran pendidikan EducationUSA Fair 2016  di Hotel Sheraton Surabaya, Senin (21/2/2016) setelah sebelumnya diadakan di Jakarta.

Pameran yang  diadakan di tiga kota di Indonesia, Jakarta, Surabaya dan Medan ini diikuti 32 perwakilan universitas di  AS, diantaranya dari Arizona State University, Miami University (Oxford, OH), New York Institute of Technology (Old Westburry, NY), Iowa State University (Ames, IA) dan Michigan State University (East Lansing, MI).

EducationUSA Fair 2016  bertujuan membantu bagi para pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studynya di AS dan mefasilitasi para pelajar Indonesia bertemu langsung dengan perwakilan dari universitas atau collage dari AS. Sebaliknya, membantu universitas AS untuk merekrut pelajar dari Surabaya dan sekitarnya.

Pameran pendidikan yang dibuka oleh Konjen Surabaya, Heather Variava,  ini para pengunjung dapat melakukan konsultasi langsung dengan perwakilan collage AS mengenai jurusan yang diminati, biaya kuliah, bantuan finansial yang tersedia dan lain sebagainya.

Selain itu juga tersedia informasi program beasiswa seperti beasiswa AMINEF/Fulbbright, Lembaga Pengelola Pendidikan (LPDP). Dalam kesempatan ini, Konsul Jenderal AS di Surabaya juga menyediakan informasi mengenai visa bagi pelajar, program-program pendidikan dan kebudayaan.

Asosiasi alumni AS di Surabaya (komunitas pelajar Indonesia lulusan dari AS-red) juga ikut andil dan berpartisipasi dalam memberikan informasi kepada para pengunjung.  Kegiatan EducationUSA Fair 2016, selayaknya mendapat apresiasi dan yang terpenting bagaimana pelajar Indonesia dapat mengaplikasikan ilmunya sepulang belajar di AS untuk Indonesia. (Yan-Jatim)