Rutinitas tidur yang menenangkan, latihan yoga yang memulihkan, dan menghabiskan banyak waktu bersama keluarga dan teman sangat membantu dalam mengendalikan tingkat stres. Namun kita belum tentu bisa melakukan itu saat stres muncul tiba-tiba seperti mengetahui bahwa ketinggalan pesawat, menerima email penuh, atau mesin cuci rusak secara tidak terduga.

Jantung mulai berdebar kencang, telapak tangan berkeringat, dan perasaan kewalahan mengambil alih.

Aktivitas penghilang stres apa yang bisa dilakukan agar bisa kembali normal secepat mungkin?

“ Manajemen stres sangat penting untuk membantu mengatasi stres dengan cara yang sehat,” kata Melissa Dowd,terapis pernikahan dan keluarga berlisensi dan pemimpin terapi yang berbasis di San Francisco di PlushCare. “Penting untuk mengakui perasaan tersebut dan memanfaatkan strategi penanggulangannya.”

Jika tidak, stres bisa menjadi kronis, yang dapat membahayakan kesehatan dan berdampak buruk pada tubuh Anda baik secara fisik maupun mental seraya menambahkan bahwa hal itu dapat menyebabkan gejala seperti lemahnya energi dan sakit kepala, atau pada akhirnya berkontribusi pada kondisi yang lebih serius seperti seperti penyakit autoimun , diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau obesitas.

Berikut adalah lima teknik cepat menghilangkan stres yang dapat membantu dan membutuhkan waktu lima menit (atau kurang), sehingga dapat tenang, kembali fokus, dan menjalani hari .

1. Tarik Nafas Dalam-Dalam Beberapa Kali

“Ada hubungan yang sangat erat antara pernapasan dan tubuh,” kata Michelle Dossett, MD, PhD , asisten profesor kedokteran di Harvard Medical School dan asisten dokter dan peneliti klinis di Benson-Henry Institute for Mind Body Medicine di Massachusetts Rumah Sakit Umum di Boston.
Saat stres, pernapasan mungkin menjadi lebih cepat, yang meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan detak jantung, menurut American Heart Association (AHA) . “Tetapi ketika pernapasan tenang dan terukur, tubuh juga menjadi tenang,” katanya.

2. Pergi cari udara segar

Penghilang stres instan lainnya adalah dengan melakukan aktivitas luar ruangan, kata Holly Schiff, PsyD , psikolog klinis di Jewish Family Services of Greenwich di Connecticut. “Melangkah ke alam terbuka sangat membantu,” katanya.

Penelitian mendukung hal ini. Sebuah penelitian menemukan orang-orang yang hanya melihat gambar pepohonan dilaporkan merasa stresnya berkurang. Hal ini berfungsi dalam beberapa cara. Lingkungan alam secara otomatis dapat menarik perhatian seseorang sekaligus menimbulkan perasaan senang, menurut artikel lain. Orang-orang cenderung terpikat oleh alam, dan asyik dengan alam bebas dapat mengalihkan pikiran Anda dari apa pun yang mengganggu

3. Buatlah Daftar

Banyaknya hal yang harus dilakukan (terutama jika ada tekanan waktu) terkadang dapat membuat orang berada dalam spiral stres dan kecemasan. Dalam kasus ini, akan membantu jika menuliskan segala sesuatu yang ada, dan kemudian merencanakan untuk melakukan hal-hal dengan prioritas tertinggi terlebih dahulu.

Menyingkirkan hal-hal yang harus dilakukan dari pikiran dan menuliskannya di selembar kertas bisa sangat membantu banyak orang. Ini dapat membantu Anda memprioritaskan dan fokus pada apa yang ada di depan.

4. Bermain

Teknik penghilang stres lainnya adalah merangkul inner child Anda dan bermain dengan fidget spinner atau bola stres, saran The American Institute of Stress. Mainan sederhana ini mungkin tampak lebih cocok untuk mainan anak-anak sekolah menengah, tetapi mengambil bola stres dan meremasnya beberapa kali dengan kuat dapat mematahkan alur pemikiran yang membuat stres, dan hal yang sama berlaku untuk fidget spinner.

“Apa pun yang mengganggu dan mengalihkan fokus Anda dapat menghilangkan stres,” kata Alka Gupta, MD , kepala petugas medis di Bluerock Care di Washington, DC. “Hal ini memberikan terobosan yang menyenangkan dalam hari yang penuh tekanan.”

Sumber foto: medicalnewstoday.com

Baca Juga: