KabariNews – Kementerian Perhubungan menyatakan, lima bandar udara ditutup akibat pengaruh penyebaran debu vulkanik akitivitas Gunung Raung. Kelima bandara tersebut adalah Bandara Internasional Ngurah Rai di Bali, Bandara Internasional Lombok, Bandara Selaparang di Lombok, Bandara Blimbingsari di Banyuwangi dan Bandara Notohadinegoro di Jember.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata dalam keterangan tertulisnya Jumat (10/7) dini hari, menyatakan lima bandara tersebut ditutup karena pengaruh penyebaran debu vulkanik terkait aktivitas Gunung Raung.

Penutupan berdasarkan Notam (Notice to Airmen) yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara di antaranya Notam Nomor A 1413/15 untuk penutupan Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali. Notam Nomor B 1067/15 untuk penutupan Bandara Internasional Lombok, Notam Nomor C 0498/15 untuk penutupan Bandara Selaparang, Lombok. Notam Nomor C 0499/15 untuk pentutupan Bandara Blimbingsari, Banyuwangi. Notam Nomor C 0500/15 untuk penutupan Bandara Notohadinegoro, Jember.

“Notam penutupan bandara-bandara akan terus diperbaharui menyesuaikan dengan kondisi nyata atas perkembangan penyebaran debu vulkanik terkait aktivitas Gunung Raung” imbuhnya.

Angkasa Pura 1 Juanda Surabaya menyatakan sampai dengan Jumat pagi penerbangan Surabaya-Lombok dan Lombok-Surabaya yang masih “delay” atau ditunda menyusul penutupan bandara akibat Gunung Raung di Jawa Timur mengeluarkan debu vulkanik.

Belum Mengungsi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur memandang warga yang tinggal di kawasan Gunung Raung belum perlu dievakuasi karena kondisi yang dinilai masih aman, meski berstatus siaga.

“Dalam waktu dekat ini, warga belum perlu dievakuasi karena masih beraktivitas dalam jarak aman,” ujar Sudharmawan Kepala BPBD Jatim kepada wartawan di Surabaya, Kamis (9/7).

Menurut Sudharmawan, saat ini masih terdapat kaldera cukup besar di Gunung Raung yang bentangnya mencapai 1,8-2 kilometer sehingga ketika terjadi letupan, masih bisa tertampung di kaldera tersebut.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/78460

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Mobil

 

 

 

 

kabari store pic 1