Pernahkah Anda mendengar ada orang yang menolak melakukan perjalanan wisata? Mungkin tidak, karena hampir semua dari kita suka bepergian.  Bepergian bisa menjadi pengobatan alternatif terbaik Anda . Ya, itulah yang telah dibuktikan oleh sains. Berikut adalah beberapa cara bepergian yang dapat membuat Anda tetap sehat dan kuat.

Bepergian adalah penguat kekebalan yang ampuh

Untuk mengatasi berbagai kuman dan infeksi, tubuh Anda membutuhkan antibodi yang merupakan protein kecil yang melindungi dan meningkatkan sistem kekebalan dari patogen yang merugikan. Ada penelitian yang mengklaim wisata diperlukan untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Di sinilah perjalanan membuat keajaiban bagi kesehatan. Jika Anda seorang pengelana yang rajin, sains memberi tahu bahwa bepergian adalah probiotik terbaik untuk Anda. Saat bepergian dari satu tempat ke tempat lain, tubuh Anda terpapar bakteri baru dan beradaptasi dengannya, sehingga membuatnya lebih kuat untuk melawan infeksi.

Menurunkan tingkat stress

 Ini bukan hal baru. Tentu saja, bepergian menghilangkan semua stres yang muncul dari kehidupan sehari-hari. Seolah-olah kita cenderung bernapas lebih banyak saat bepergian. Terbukti secara ilmiah, traveling membuat Anda lebih bahagia, ceria dan menghilangkan segala stres dan kecemasan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa setelah liburan selama tiga hari, para pelancong lebih baik beristirahat, dalam suasana hati yang baik, dan tidak terlalu cemas. Juga, mereka berada dalam suasana hati yang sama beberapa minggu setelah mereka kembali dari perjalanan.

Bepergian adalah makanan terbaik untuk otak

 Jika harus menjaga otak lebih tajam dan selalu aktif, lebih banyak bepergian. Karena bepergian memberikan kesempatan bagi pikiran untuk berkembang dengan membuat Anda bertemu orang baru, beradaptasi dengan situasi baru, membuat Anda lebih sadar secara budaya dan sosial. Pengalaman segar ini meningkatkan fleksibilitas kognitif dan kreativitas.

Menurut Journal of Personality and Social Psychology, bepergian dan belajar di luar negeri memiliki hubungan yang erat dengan kestabilan emosi dan keterbukaan pikiran.

Bepergian meningkatkan kesehatan jantung

 Jika Anda suka wisata dan sering bepergian, peluang Anda terkena serangan jantung rendah dibandingkan dengan teman yang tidak sering bepergian. Sebuah Studi Jantung Framingham menunjukkan bahwa mereka yang bepergian lebih banyak setiap tahun memiliki risiko yang jauh lebih rendah terkena serangan jantung atau bahkan mengembangkan masalah terkait jantung. Semakin banyak bepergian, semakin tidak stres dan cemas dan semakin baik kinerja dan kehidupan jantung.

Menjadi rahasia kebugaran

Saat wisata, Anda mendapat banyak kesempatan untuk menjaga tubuh tetap aktif. Anda bisa berjalan jauh untuk menjelajahi alam atau mencoba olahraga ekstrim seperti pertandingan sepak bola kasar di pantai atau mungkin pertandingan bola basket di lapangan basket di resor Anda atau bahkan berenang. Sering terlihat bahwa kita cenderung lebih aktif saat bepergian daripada di rumah.

Sumber foto: touristjourney.com

Bicara soal jalan-jalan yang bisa mendatangkan banyak manfaat kesehatan, Kabari Travel ada kabar gembira buat Anda yang ingin berwisata ke Vietnam. Info selengkapnya ada dibawah ini ya!