KabariNews – Rambut sering disebut sebagai mahkota pada wanita, namun banyak pria yang juga memperhatikan rambutnya. Apa jadinya jika rambut yang didambakan rontok? Tentu Anda akan mencari solusinya bukan. Rambut rontok ternyata bukan hanya disebabkan oleh cara kita merawat rambut, tapi juga ada faktor yang bisa menjadi penyebab kerontokan rambut. Untuk lebih jauh mengetahui apa penyebab kerontokan rambut Anda, ada baiknya kita lihat hal-hal penyebab kerontokan berikut ini :

  • Kerontokan pada rambut bisa disebabkan karena faktor keturunan. Pada faktor ini tidak terbatas hanya pada pria saja pada umumnya, namun wanita juga bisa mengalami kerontokan rambut.
  • Faktor kedua bisa disebabkan oleh stres. Umumnya stres akibat perkerjaan, pada ibu hamil, sakit, masalah cinta, pikiran dll dapat mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut.
  • Perawatan rambut yang berlebihan bisa juga menjadi alasan kenapa rambut Anda jadi rontok. Perawatan yang berlebihan bisa menjadikan rambut kering dan rusak, sehingga rambut rapuh dan bisa rontok atau putus ditengah. Perawatan berlebihan yang harus dihindari (tidak terlalu sering, red) adalah pengecatan rambut, pengeritingan, pengunaan hair dryer terlalu sering, dll. Cara menyisir rambut dengan sembarang juga bisa menyebabkan kerontokan rambut, mengikat rambut terlalu kencang.
  • Kurangnya konsumsi makanan juga menjadi faktor kerontokan, sebab asupan makanan tidak seimbang sehingga tidak ada nutrisi dan protein yang diserap oleh rambut menyebabkan rambut tidak sehat. Bagi Anda yang sedang berdiet, sebaiknya perhatikan asupan makanan yang dibutuhkan rambut.
  • Ada beberapa obat yang dapat menyebabkan kerontokan pada rambut, misalnya obat kemoterapi pada penyembuhan kanker telah diketahui bisa menyebabkan kerontokan