KabariNews – Kejar karier Anda dan siapkan langkah menuju karier impian…

Jangan pernah berhenti belajar

Belajar adalah kunci utama menuju karier sukses. Dunia terus bekermbang menuju perubahan yang lebih baik, untuk itu jangan berhenti dan terus belajar, karena dengan meng-update pengetahuan dan keahlian Anda maka akan ada peluang yang pastinya memberikan kontribusi yang baik untuk karier yang akan Anda raih.

Tanya, dengar dan pelajari

Jadilah pendengar yang baik dan belajarlah dari pengalaman orang lain yang Anda anggap sukses.  Anda bisa banyak belajar dari atasan, rekan kerja ataupun dari pengalaman-pengalaman orang bisa memberi pembelajaran bagi karier Anda. Tanyakan yang Anda belum tahu, dengarkan dan pelajarilah apa yang ingin Anda ketahui. Pengalaman orang lain kadang bisa menjadi masukan yang baik dan bisa Anda terapkan, contoh yang baik dan waspadai yang membahayakan karier Anda.

Mantapkan hati

Apakah pekerjaan Anda saat ini, adalah awal menuju karier Anda? Pertanyaan itu harus dijawab dalam hati Anda, jika Anda sudah mantap dengan perkerjaan Anda, sebaiknya benahi mulai dari sekarang. Namun jika masih ada peluang karier yang ingin Anda capai, tidak ada salahnya mencoba dan berjuang mendapatkan seperti yang Anda dambakan, yang terpenting tekunilah dan sayangilah pekerjaan Anda.

Luaskan jaringan

Langkah karier Anda selanjutnya bisa saja melelui rekan dan jaringan. Luaskan jaringan Anda, dan darisitulah Anda memulai karier Anda. Cari informasi sebanyak-banyaknya. Tahukah Anda bahwa lebih dari 50% dari semua pekerjaan diperoleh dari kontak jaringan. Jika Anda memiliki jaringan kontak yang baik, juga tempat yang bagus untuk mencari karier di masa depan dan untuk belajar tentang peluang karier baru, tidak ada salahnya meluaskan jaringan. Banyak keuntungan dalam meluaskan jaringan, selain Anda bisa kenal orang baru tentunya Anda juga akan mendapatkan pengalaman yang baru. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan informasi serius dari jaringan Anda adalah dengan meminta kontak mereka, secara teratur dengan begitu Anda bisa menjalin hubungan baik, sambil sesekali menanyakan informarsi yang ingin Anda ketahui dan peluang terbaru dalam karier.

Indentifikasi karier Anda

Sebelum memulai perencanaan karier masa depan Anda, pastikan Anda telah mengidentifikasi pekerjaan impian Anda. Pikirkan apakah pekerjaan itu cocok untuk Anda? Apakah Anda siap mencoba karier baru? Apakah yang Anda pilih, bekerja dengan teknologi atau bekerja dengan banyak orang? Apakah Anda ingin menjalankan usaha sendiri atau bekerja dengan orang?

Apapun jenis pekerjaan yang menjadi impian Anda, anggap pilihan itu adalah pilihan karier yang terbaik.

Siapkan diri Anda

Siapkan diri Anda, siapa tahu kesempatan bagi Anda akan datang besok. Jangan tunda lagi, secepatnya Anda harus memperbaharui CV Anda, dan terus merubahnya secara berkala. Siapkan CV yang profesional dan siap menjelaskan diri Anda sendiri sebagai obyek yang berharga bagi siapapun yang akan mencoba merekrut Anda. Jika Anda tidak tahu bagaimana menulis CV, atau bagaimana untuk mejelaskan diri sendiri, mulailah belajar dari sekarang. Good luck…

 (foto : inmagine.com)