1. Mulai hari Anda dengan sarapan

Sarapan berarti mengisi perut yang kosong setelah semalaman tidak mendapat pasokan makanan. Dengan sarapan, hal ini dapat membantu kegiatan yang akan Anda lakukan karena memberi asupan energi.

Sarapan yang mudah disiapkan adalah bubur sereal, buah-buahan, susu rendah kalori, roti bakar gandum yang bisa dipadukan dengan selai buah-buahan, coklat atau kacang, yoghurt dan waffle serta pancake.

2. Bergerak

Masukan aktivitas fisik yang ringan dalam kegiatan sehari-hari. Berjalan kaki, bersepeda atau jogging dapat membuat tubuh Anda lebih bugar. Gunakanlah tangga ketimbang lift atau eskalator agar tubuh lebih bergerak. Lakukan aktivitas ini setidaknya 30 menit per hari.

3. Cemilan sehat

Cemilan adalah asupan yang baik untuk tubuh, namun Anda harus bijaksana dalam memilih makanan. Segelas susu low-fat dan buah-buahan baik untuk pencernaan perut. Cemilan seperti kue-kue juga boleh dinikmati, hanya saja pilihlah kue yang tidak mengandung banyak lemak. Anda boleh memakan kue berkalori tinggi, tetapi dengan frekuensi yang tidak sering. Terlalu banyak makan cemilan membuat tubuh Anda membulat.

4. Olah Raga

Olah raga yang membuat Anda berkeringat sebenarnya baik untuk jantung anda, memberikan energi dan Anda terlihat lebih sehat. Sebelum melakukan olah raga, biasakan streching atau pemanasan agar badan tidak mengalami kram. Lakukan kegiatan seperti aerobik, lari, jogging, atau menari. Lakukan juga push-up atau sit-up agar badan lebih bergerak. Jangan lupa lakukan pendinginan setelah melakukan olah raga di atas.

5. Seimbangankan makanan yang Anda makan

Apabila Anda menyukai makanan junk-food seperti burger, kentang goreng atau es krim, bukan berarti Anda tidak boleh makan-makanan tersebut. Anda boleh menikmatinya, tetapi perhitungkan juga makanan yang masuk ke dalam perut Anda. Jangan terus-terusan mengkonsumsi makanan ini karena tidak baik untuk kesehatan Anda.

Tubuh anda memerlukan vitamin dan mineral. Cobalah mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Biasakan memeriksa kandungan nutrisi dan kalori yang ada dalam makanan yang akan Anda konsumsi. Anda juga bisa membuat jadwal makanan Anda supaya lebih terorganisir.

6. Sehat bersama keluarga atau teman

Tidak ada salahnya mengajak keluarga atau teman untuk olah raga bersama-sama. Tentunya aktivitas ini lebih menarik ketimbang melakukan sendirian. Cobalah ajak mereka untuk melakukan kegiatan hiking atau bermain sepeda bersama. Pasti seru!

7. Konsumsi roti, buah dan sayuran

Makanan ini memberikan karbohidrat untuk energi dalam tubuh, serat, vitamin dan mineral. Selain itu rasanya juga enak. Cobalah mengkonsumsi roti gandum dan bagel.

Pisang, stroberi dan melon adalah buah-buahan yang rasanya enak. Coba juga sayur-sayuran, bisa dimakan langsung atau dimasukkan ke dalam sandwich, atau dibuat menjadi salad.

Ingin hidup sehat? Cobalah tips-tips di atas…

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?32385

Mohon Beri Nilai dan Komentar di bawah Artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Photobucket