Tahun 2008 ini muncul seorang penyanyi pendatang baru yang mewarnai blantika musik Indonesia. Afgan Syah Reza yang akrab dipanggil Afgan menggebrak chart-chart musik Indonesia dengan debut single yang berjudul “Terima Kasih Cinta”. Sekilas mendengar suara Afgan, akan terbayang pria-pria dewasa seperti Rio Febrian, Marcell atau Ari Lasso.Namun ketika melihat sosok mahasiswa tingkat 1 Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, tak ada yang menduga di balik wajahnya yang imut, ternyata tersimpan kekuatan suara yang mengagumkan.

Menurut Afgan, menyanyi bukanlah hal yang baru baginya. Afgan tumbuh dilingkungan yang gemar mendengarkan musik. Ia bahkan sering tampil di kafe ataupun lounge ternama di Jakarta. Sebagai seorang penyanyi solopria, pemuda kelahiran Jakarta, 27 Mei 1989 ini mampu membuat pendengarnya jatuh hati dengan suaranya yang teduh.

Afgan telah merilis album pertama berjudul Confession No.1, terdiri dari 13 lagu beraliran Jazz, Soul, Pop dan R & B. Banyak musisi ikut menciptakan lagu untuk Afgan, mulai dari Bebi ‘Romeo’, Harry Budiman,Ibank ‘Element’, Deddy Dhukun, dan masih banyak lagi. Nama-nama besar itu tentu akan menambah “value” album Confession No.1. Afgan sendiri ikut menciptakan lagu dalam albumnya. Mengenai kemampuan olah vokal Afgan, hal ini sudah tidak diragukan. Banyak yang berpendapat bahwa karakter vokalnya mirip Marcel.

“Tanpa Batas Waktu”, lagu pembuka dalam album Confession No.1 berirama beat-up dengan campuran unsur techno dan groovy, sangat cocok untuk bergoyang. “Terima Kasih Cinta” yang merupakan lagu andalan Afgan memiliki makna yang dalam. Tak heran banyak yang jatuh hati dengan lagu ini.

“Yang Kutau Cinta Itu Indah” adalah lagu duet bersama pemain sinetron cantik Nagita Slavina. Sentuhan orkestra dan alunan biola membuat duet ini terasa syahdu dan menggigit. Ada pula “Klise”, salah satu lagu kesukaan Afgan.Alunan groove dan R & B terasa pada lagu ini. Sedangkan Lagu “Biru”adalah tembang lawas milik Vina Panduwinata. Namun Afgan berhasil membawa warna baru pada lagu ini dengan karakternya sendiri.

“Betapa Aku Cinta Padamu” terdengar jazzy dengan paduan bossas dan swing.Beberapa lagu mellow juga terdapat dalam album ini, seperti “Entah”,”I.L.U.”, “Shanty Lussy” dan “Sadis”.

Di album ini juga terdapat bonus track berjudul “My Confession”. Lagu berbahasa Inggris ini terdengar apik diiringi dentingan piano. Konon gaya bernyanyinya terinspirasi oleh John Legend dan Stevie Wonder.

Secara keseluruhan, album ini berisi lagu-lagu yang memanjakan telinga. Nuansa jazz ditambah dengan liriknya yang kuat membuat Afgan patut diperhitungkan sebagai pendatang baru. Buktinya sehabis dirilis, lagu “Terima Kasih Cinta”langsung bertengger di peringkat pertama chart-chart lagu top 10 Indonesia. Bahkan diperkirakan nama pemuda berkacamata ini akan terus melambung dan akan setara dengan senior-seniornya, Marcell dan Glenn Fredly. (Chika)

Track List Confession No.1
1. Tanpa Batas Waktu
2. Terima Kasih Cinta
3. Klise
4. Entah
5. Yang Kutau Cinta Itu Indah (Featuring Nagita Slavina)
6. Hanya Ada Satu
7. Betapa Aku Cinta Padamu
8. Sadis
9. Shanty Lussy
10. I.L.U
11. Hilang Rasa
12. Biru
13. My Confession (Bonus track)

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?31262

Untuk melihat Berita Indonesia / Musik lainnya, Klik disini

Klik Disini untuk Baca Artikel ini di Majalah Kabari Mei 2008 ( E-Magazine )

Mohon Beri Nilai dan Komentar di bawah Artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

Photobucket