Agar kelak anak tumbuh menjadi pribadi yang tidak boros, sebaiknya diajari cara mengatur keuangan sejak dini, salah satunya dengan cara membiasakan mereka menabung. Mengajarkan anak untuk menabung dan berbagi memang tidak mudah. Apalagi jika anak merasa uang pemberian Anda merupakan haknya. Ia tentu ingin menggunakan uang tersebut sesuai keinginannya seperti membeli mainan yang disukainya.

Namun bukan berarti tidak ada jalan keluar untuk mulai mengajarkan si kecil menabung. Anak akan paham kegunaan menabung jika Anda bisa memberitahukannya bahwa kebiasaan itu manfaatnya sangat besar.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkannya menabung dan berbagi :

1. Kenalkan nilai uang

Begitu anak sudah bisa menghitung, perkenalkan mereka pada uang. Beri anak sebanyak mungkin keterangan yang ingin diketahuinya. Perhatikan dan ulangi, itulah cara terbaik untuk membuat anak belajar.

2. Kenalkan pada Celengan dan Bank

Belikan anak celengan atau buatkan tabungan di bank. Cara kedua ini sepertinya berlaku jika anak sudah berusia cukup besar. Untuk anak-anak yang masih berusia pra sekolah dan taman kanak-kanak, Anda bisa mulai mengajarinya menaruh uang di celengan.

3. Minta Anak Membuat Daftar Keinginan

Dengan adanya daftar keinginannya itu anak bisa lebih berkeinginan untuk menabung. Berikan pengertian kepada anak bagaimana cara yang baik dan menyenangkan untuk menghabiskan uangnya itu sesuai daftar keinginannya.

4. Buat Gambar

Kalau anak menabung untuk membeli suatu benda yang sangat diinginkannya, tidak ada salahnya Anda memintanya menaruh gambar benda tersebut di kamarnya. Gantung gambar benda itu agar dia selalu ingat dari tujuannya menabung.

5. Contohkan

Tentu saja sebagai orang tua, Anda pun harus memberinya contoh mengenai menabung ini. Anda perlu punya celengan sendiri, dan mengajak anak ke bank saat Anda akan menabung. Ketika melakukannya, jelaskan pada anak tujuan Anda menabung. Dengan memberikan contoh ini, anak pun bisa belajar dari orang tuanya.

6. Ingatkan Anak

Pada beberapa anak, ada yang sangat memusatkan perhatiannya kepada menabung, sehingga tidak ingin lagi mengeluarkan uangnya untuk apapun. Jika hal itu terjadi, ingatkan dan berikan petunjuk agar anak kembali menikmati uangnya, misalnya membeli benda-benda kecil. Anda juga bisa mengejutkannya dengan membelikan sesuatu yang disukainya.

7. Ajarkan Berbagi

Selain menabung, jangan lupa juga untuk mengajarkan anak berbagi sejak kecil. Saat Anda memberikan zakat atau menyumbangkan uang ke panti asuhan misalnya, Anda bisa mengajaknya. Dari uang simpanannya itu, minta anak menyisihkannya untuk diberikan pada mereka yang kurang beruntung.(pipit)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?37951

Untuk melihat artikel parenting lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :