California, KabariNews.com – Akibat kebakaran hebat yang melanda kawasan California bagian selatan, sedikitnya 3.000 orang yang berada di sekitar kawasan tersebut harus dievakuasi.

Gubernur California, Arnold Schwarzenegger, dalam keterangannya pada hari Jumat (28/8) mengeluarkan pengumuman keadaan darurat untuk wilayah Los Angeles dan Monterey.

Sedikitnya 8 ribu hektar wilayah di kawasan tersebut telah hangus terbakar.

Hingga saat ini, sudah 750 unit pemadam kebakaran serta pesawat pemadam api diturunkan untuk mencegah kebakaran lebih meluas.

Kabut asap tebal saat ini sudah memasuki sebagian wilayah Los Angeles.

Berdasarkan pemantauan petugas hutan Amerika Serikat, wilayah hutan yang mudah terbakar  membuat kobaran api saat ini terus meluas. Selain itu faktor suhu udara yang terus meningggi membuat kebakaran sulit dijinakkan.

Suhu cuaca yang sudah mencapai 38 derajat celcius membuat Pusat Cuaca Nasional AS mengeluarkan peringatan merah bagi kawasan tersebut.

Hingga berita ini diturunkan, kebakaran sudah meluas hingga kawasan utara California.

Berdasarkan laporan Deputi Gubernur John Caramendi, kebakaran juga sudah memasuki wilayah Big Maedow, 380 km timur San Fransisco.

Sebelumnya, di tahun 2007 lalu, wilayah California juga pernah mengalami kebakaran hebat yang menyebabkan sedikitnya 640 ribu warganya harus mengungsi dan 2.000 rumah di selatan California hangus dimakan si jago merah.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?33673

Untuk melihat Berita Amerika /Amerika / National lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :