“Biasanya Piknik atau Nonton Kembang Api Aja”

Setiap perayaan kemerdekaan tentunya disambut dengan meriah. Di negara mana saja pasti mengadakan acara yang seru dan barangkali spektakuler. Bahkan kita siap untuk berpartisipasi didalamnya.  Meski hidup di luar Indonesia, kita masih bisa berpartisipasi dengan komunitas masing-masing. Nah, sekarang apa yang kita lakukan saat perayaan kemerdekaan negara tempat kita tinggal?

Kemana Saja?

‘Lihat kembang api’, ‘nonton parade’ dan ‘piknik’ merupakan kegiatan yang paling banyak dilakukan oleh WNI yang tinggal di Amerika. Berbeda dengan sebagian besar orang Indonesia yang telah menjadi warganegara Amerika, mereka lebih banyak turut berpartisipasi di komunitas tempat mereka bekerja, komunitas tempat suami bekerja atau komunitas tempat mereka tinggal.

Orang-orang Amerika memiliki tradisi mengadakan barbeque serta berpesta semalam suntuk sambil menonton kembang api yang bertebaran di angkasa tepat tengah malam saat memasuki tanggal 4 Juli. Dan pada tanggal 4 Juli biasanya mereka beserta keluarga menonton parade di tengah kota. Sebagian lagi memilih piknik di taman sekedar menikmati hari libur atau sambil menonton atraksi yang sering digelar di taman-taman besar tengah kota.

Bagi warga Indonesia, tentunya kegiatannya tergantung masing-masing. Bagi yang menikah dengan warganegara Amerika, sebagian mereka mengatakan selalu mendapatkan undangan barbeque dari koleganya dan merayakan bersama mereka. Sebagian lagi mengadakan pesta di rumah dengan mengundang keluarga pasangannya dan teman-temannya. “Meski saya bukan warganegara Amerika, tapi apa salahnya merayakan kemerdekaan negara tempat saya tinggal ini,” aku salah satu responden yang berdomisili di Virginia dan menikah dengan warganegara Amerika.

Responden lain yang sedang menimba ilmu di University of Pennsylvania mengatakan, “merayakan 4th of July artinya pesta! Kami berkumpul bersama, makan-makan, setelahnya pergi ke acara pelepasan kembang api di tengah kota.” Keesokan harinya, menonton pertandingan olahraga bisbol yang khusus diselenggarakan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan. Bagi temannya, lebih memilih memboyong makanan ringan, minuman, tikar, dan menggelar di taman kota sambil menunggu kembang api diluncurkan di tengah malam.

Semangat Merayakan

“Saya sudah belasan tahun ini menjadi warganegara Amerika tapi nggak ada perubahan dalam merayakan kemerdekaan. Selalu mengadakan barbeque bergantian dengan teman-teman saya yang warganegara Amerika,” cerita satu responden yang tinggal di Washington, D.C.. Menurutnya, meski dia telah menjadi warganegara Amerika, tak ada yang berubah, tetap mencintai negara tempat dilahirkan dan mencintai negara tempatnya tinggal sekarang. “Saya berubah warganegara karena ada alasan khusus, bukan berarti menjadikan rasa nasionalisme saya luntur.” tegasnya.

Alasan khusus untuk berubah memang beragam tapi sebagian besar responden yang telah menjadi warganegara Amerika mengaku tetap memiliki rasa nasionalisme. “Hati saya tetap teriris saat ada orang berbicara buruk tentang Indonesia,” tambah responden lain yang telah lima tahun berubah warganegara dan tinggal di Arizona.  Ibaratnya biarpun paspor mereka tak lagi berwarna hijau, tapi merah-putih warna bendera tetap ada di hati mereka.

Satu responden yang tinggal di Florida mengatakan biarpun dia tak akan mengubah kewarganegaraannya tapi tidak menolak saat diajak berpartisipasi mengadakan acara pesta oleh komunitas lingkungan tempatnya tinggal. “Ini artinya saling menghormati tradisi dan budaya tempat kita tinggal.” Saat ditanya soal arti nasionalisme, katanya, “Kita yang tinggal di luar negeri ibaratnya dubes bangsa sendiri, artinya diri kita tanpa disadari membawa citra bangsa sendiri.”

Sama intinya dengan yang dikatakan oleh satu warga Indonesia yang tinggal di Maryland, bahwa dengan berkelakuan baik maka orang yang mengenalnya akan menilai positif tentang Indonesia. Dia pun akan menjelaskan semampunya apabila ada pertanyaan tentang Indonesia dan apabila ada kabar yang memperburuk citra Indonesia. Satu lagi, menurutnya rasa saling menghormati juga akan timbul dengan sendirinya. “Saya menghormati dan turut merayakan kemerdekaan Amerika, begitu pula saat hari kemerdekaan Indonesia, bagi teman-teman warga Amerika yang tahu, mereka pun turut mengucapkan.”

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?33300

Untuk melihat Berita Amerika /Amerika / National lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Photobucket