Washington, KabariNews.com – Semeninggalnya Senator AS, Edward Kennedy, mengundang pembicaraan publik mengenai siapa yang akan menggantikan posisinya di Senat Amerika tersebut.

Edward Kennedy , atau yang akrab disapa Ted, meninggal dunia pada hari Selasa (25/8) waktu setempat, setelah sekian lama bertahan melawan kanker otak yang dideritanya.

Ted Kennedy merupakan tokoh senator Amerika terbesar saat ini, dan sering disebut sebagai bapaknya politik Amerika Serikat.

Dalam kurun waktu 47 tahun terakhir ini, Ted merupakan salah satu anggota senat AS yang paling vokal dalam memperjuangkan perbaikan kualitas kehidupan rakyat AS.

Selain itu, Ted juga termasuk sosok yang terus memperjuangkan hak-hak kaum imigran.

Sebelum meninggal, Ted memiliki keinginan untuk mereformasi sistem layanan kesehatan yang diajukan Presiden AS Barack Obama tahun ini.

Hal ini juga pernah disampaikan Ted saat berbicara didepan peserta Konvensi Nasional Partai Demokrat pada bulan Agustus 2008 lalu.

Partai Demokrat sendiri, pada hari Rabu (26/8), meminta agar Amerika serikat meloloskan reformasi sistem layanan kesehatan yang diajukan Obama tahun ini untuk mengenang sang senator.

Jenazah Ted Kennedy disemayamkan selama dua hari di Perpustakaan Kepresidenan John F Kennedy, dan selanjutnya akan dimakamkan di Arlington, pada hari Sabtu (29/8).

Nama-nama yang akan menggantikan posisi Ted di Senat AS hingga saat ini terus bermunculan, termasuk nama Victoria Kennedy, janda Ted Kennedy. Serta nama Joseph Kennedy yang juga termasuk keponakan sang senator.

Selain itu, nama-nama seperti mantan Gubernur Massachusetts, Michael Dukakis, dan nama mantan Menteri Tenaga Kerja, Robert Reich, turut meramaikan bursa nama yang akan menggantikan posisi Ted di senat.

Marty Meehan yang merupakan mantan anggota DPR AS, serta nama Martha Coakley, Jaksa Agung Massachusetts, ikut disebut-sebut untuk mengisi kursi di senat AS tersebut.

Partai Republik juga turut memunculkan nama-nama yang kemungkinan akan mengisi posisi Ted di senat.

Nama-nama tersebut adalah, Jeff Beatty, yang kalah masuk senat pada tahun 2008, Kerry Healy, mantan Wakil Gubenur Massachusetts, Andrew Card, mantan Kepala Staff Gedung Putih, serta mantan Jaksa Agung AS Distrik Massachusetts Michael Sullivan.

Sebelum meninggal, Ted juga telah mengajukan usulan agar undang-undang di negara bagian Massachusetts diamandemen.

Hal ini ditujukan agar senator sementara yang akan menggantikannya dapat dipilih dengan cepat.

Ted juga mengusulkan bahwa senator sementara juga tidak diperbolehkan maju dalam pemilu khusus.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?33665

Untuk melihat Berita Amerika /Amerika / National lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :