Ketika melihat buah hati bermain pasir atau lumpur, seringkali orang tua langsung memarahi anaknya dan sesegera mungkin menyuruhnya membersihkan diri. Atau jika mereka kotor sedikit, maka dengan segera sabun antiseptik mendarat pada tubuh mereka.

Tahukah Anda bahwa “terlalu bersih” malah mengakibatkan kurangnya sistem kekebalan tubuh? Studi terbaru di AS mengindikasikan gaya hidup yang terlalu bersih pada anak justru membuat mereka rawan terkena sakit jantung.

Menurut para ahli, penggunaan sabun antibakteri dapat memicu anak-anak rentan terhadap penyakit. Terlalu higienis di masa kecil justru mengurangi paparan bakteri yang berguna sebagai sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit ketika sudah dewasa.

Thomas McDade, associate professor antropologi di Northwestern University’s Weinberg College of Arts and Sciences and the Institute for Policy Research, mengindikasikan paparan terhadap bakteri penyebab infeksi pada masa kecil dapat memberikan perlindungan terhadap seseorang dari ancaman penyakit kardiovaskuler yang berisiko pada kematian. Menurut teori para peneliti, sistem inflamasi tubuh manusia memerlukan paparan lebih tinggi terhadap bakteri dan mikroba untuk mencapai perkembangan yang ideal.

Jadi biarkan anak-anak bermain kotor-kotoran, karena kelak bakteri tersebut akan berguna ketika mereka sudah dewasa.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?34342

Untuk melihat Berita Indonesia / Parenting lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :