Setelah setahun anda bekerja keras dan menghabiskan waktu di kantor. Kini saatnya anda  berlibur. Berlibur merupakan sarana relaksasi yang positif. Sejenak anda akan meninggalkan segala  tetek bengek menyangkut pekerjaan. Berlibur juga dapat menambah wawasan anda. Anda akan banyak menemukan hal-hal baru.

Riset membuktikan seorang yang jarang berlibur memiliki resiko tinggi terhadap penyakit stress. Minimal sekali dalam setahun orang mesti berlibur. Berlibur juga bisa dalam bentuk apa saja. Entah Camping, wisata kapal pesiar atau jalan-jalan ke Luar negeri.

Sebentar lagi tutup tahun, jadi musim liburan akan tiba. Kemanakah anda berlibur? Apa saja yang perlu disiapkan ?

 

FINANSIAL                                                                                                                          

Ini sangat penting. Liburan tidak terlepas dari kesiapan financial anda sendiri. Semakin tinggi kemampuan financial anda semakin banyak tujuan yang bisa anda pilih. Bila budget anda ketat, anda dapat memilih berkemah bersama keluarga. Tapi bila budget anda besar, tidak salah juga anda coba jalan-jalan ke luar Negeri

Sekedar gambaran, bila anda berada di Amerika dan ingin jalan-jalan ke Indonesia misalnya. Maka biaya yang keluar sedikitnya 4,000 U$ perorang. Perhitungannya, tiket pulang pergi berkisar 2000 U$. Biaya Akomodasi tergantung anda memilih penginapan. Di Indonesia, sebuah hotel berbintang harganya berkisar 40 U$ permalam untuk kamar standar. Jika anda memilih berlibur ke kota-kota seperti Bali, Solo atau Yogya, malah anda bisa dapatkan kamar duluks.  Untuk urusan makan 15 $ perhari pun lebih dari cukup untuk sekedar makan di restoran sederhana.  Bila anda ikut paket tour sebuah biro perjalanan, keliling Jakarta misalnya. Minimal anda merogoh kocek  4,00 $ selama empat hari untuk membeli  paket perjalanan wisata, belum termasuk makan.  Atau contoh lain, misal anda di Amerika dan ingin pergi ke Bali,  dengan uang 4,000-6,000 U$ dolar, lebih dari cukup untuk biaya berlibur satu minggu di kota-kota wisata Indonesia seperti Bali, Yogya, Solo, ataupun Jakarta. Bahkan masih bisa beli oleh-oleh untuk keluarga.

TUJUAN WISATA

Jika anda sudah menghitung-hitung budget. Saatnya anda menentukan tujuan. Jalan-jalan ke Negara-negara Asia Tenggara bisa menjadi pilihan menarik. Asia tenggara dari dulu memang sudah terkenal menjadi tujuan wisata. Indonesia, Malaysia atau Thailand lumayan repesentatif sebagai tujuan wisata. Beda Kurs mata uang antar Negara tersebut terhadap dollar Amerika tidak terlalu jauh. Satu dolar Amerika berkisar 3400 Ringgit Malaysia, 31.500 Baht Thailand dan 9.500 Rupiah Indonesia. Posisi dolar Amerika yang kuat memang menjadi nilai tersendiri bagi para pelancong, karena biaya menjadi relatif murah. Kalau anda sekedar jalan-jalan menikmati wisata yang ditawarkan oleh Negara-negara tersebut, uang 5000-6000 U$ dolar, terutama bila ke Indonesia, pasti puas !(yayat/foto: flickr)