Apa saja pengaruh stimulus Obama terhadap anda?

Pajak

Paket pemulihan ekonomi ini memberikan tax break (keringanan pajak) untuk keluarga yang berencana mengirimkan anak ke perguruan tinggi, membeli mobil baru, membeli rumah pertama atau menjadikan rumah pribadi lebih hemat energi.

Jutaan pekerja mengharapkan tambahan $13 dalam slip gaji mingguannya. Kucuran tax credit sebesar $400 ini akan dicicil sekitar Juni sampai akhir tahun. Satu pasangan bisa memperoleh sampai $ 800. Di tahun 2010, pembayar pajak bisa memperoleh $ 7.70 per minggunya.

Tax credit untuk anak sebesar $1000 akan diperpanjang untuk low-income families yang berpendapatan rendah dan tidak mampu membayar pajak pendapatan. Keluarga miskin dengan tiga anak atau lebih akan memperoleh tunjangan Earned Income Tax Credit.

Keluarga menengah dan pembayar pajak kaya akan diberi kelonggaran dari membayar Alternative Minimum Tax.

Pembayar pajak yang membeli rumah pertama kali sebelum 1 Desember mendapat tax credit sebesar $8000. Dan orang yang membeli mobil baru sebelum akhir tahun ini tidak dikenai pajak penjualan (sales tax).

Pemilik rumah yang mengganti jendela, perapian dan pendingin udara yang hemat energi akan mendapat tax credit. Potongan 30% dari ongkos pembelian barang-barang ramah lingkungan ini bisa mencapai $1500.

Mahasisiswa atau orang tua mahasiswa akan mendapat tax credit sebesar US$ 2500 untuk membantu membayar uang kuliah dan pengeluaran lain di tahun 2009 dan 2010.

Orang-orang yang menerima tunjangan selama menganggur (unemployment benefit) di tahun ini tidak perlu membayar pajak pendapatan federal untuk $ 2400 pertama yang mereka peroleh.

Asuransi Kesehatan

Banyak pekerja yang kehilangan asuransi kesehatan ketika mereka kehilangan pekerjaan mereka.

Sekarang kebanyakan pekerja perusahaan menengah dan besar bisa mendapatkan asuransi kesehatan selama 18 bulan di bawah program COBRA (Consolidated Omnibus Budget Reconciliation Act) sewaktu mereka kehilangan pekerjaan.
Mahal memang, seringkali lebih dari $1000 per bulan, karena mereka membayar premi asuransi yang sebelumnya dibayar oleh perusahaan dan pekerja dengan harga asuransi secara grup.

Dengan paket stimulus ini, pemerintah akan membantu korban PHK dengan membayar 65% dari total ongkos premi asuransi kesehatan selama 9 bulan pertama.

Awalnya ada juga rencana di Konggres untuk membantu pekerja di perusahan kecil yang tidak berada di bawah program COBRA. Tapi usaha ini menemui jalan buntu. Washington memberikan jalan keluar untuk pekerja korban PHK dengan membayar Medicaid mereka.

COBRA biasanya berlaku untuk group plan di perusahaan yang mempekerjakan sedikitnya 20 orang. Subsidi ditawarkan untuk mereka yang kehilangan pekerjaan sejak 1 September sampai akhir tahun ini.

Mereka yang terkena PHK tapi tidak memilih asuransi kesehatan di bawah COBRA memiliki 60 hari untuk mendaftarkan diri untuk Medicaid. Rencana stimulus ini menyediakan $87 miliar kepada negara bagian untuk mengatur Medicaid. Usaha ini paling tidak bisa memperlambat atau mengubah langkah negara bagian yang yang akan memotong program kesehatan ini.

Infrastruktur

Stimulus akan menyediakan dana $ 90 miliar untuk perbaikan jalan raya bebas hambatan, pipa saluran air, jembatan yang sudah lama tidak mengalami renovasi dan perawatan. Tidak semua ekonomis yakin program ini efektif dalam jangka panjang.

Energi

Pemilik rumah yang berusaha menghemat energi, pembuat panel matahari dan turbin angin akan meraih keuntungan besar. Paket stimulus berisi dana investasi sebesar $ 42 miliar. Mulai dari tax credit untuk pemilik rumah yang beralih ke produk ramah lingkungan sampai hibah langsung kepada pembuat turbin angin dan baterai masa depan.

Ada 30% tax credit sampai $1500 untuk pembelian sistem pengatur udara rumah (AC), pompa penghangat dan alat perapian yang ramah lingkungan.

Paket ini termasuk $20 miliar yang ditujukan untuk pekerjaan “hijau”yang menciptakan turbin angin, solar matahari dan memperbaiki efisiensi energi di berbagai gedung federal dan sekolah-sekolah.

Sekitar $5 miliar diperuntukkan kepada pemilik rumah berpendapatan rendah untuk melakukan penghematan energi. $11 miliar untuk memodernisasi sistem pembangkit tenaga listrik di AS yang memburuk dan $2 miliar lagi untuk mendorong riset baterai untuk mobil listrik masa depan.

Sekolah

Tujuan utama pengeluaran di sektor pendidikan dalam paket stimulus adalah mempertahankan guru di sekolah. Sekitar 600.000 pekerjaan di sekolah dasar dan menengah di AS terancam dipangkas dari Anggaran Negara Bagian selama tiga tahun mendatang, menurut studi yang dirilis oleh University of Washington minggu lalu. Sedikit guru artinya lebih banyak murid di satu kelas. Hal ini diperjuangkan oleh banyak sekolah umum di AS.

Stimulus mengadakan dana sebanyak $54 miliar untuk mencegah pemotongan Anggaran Negara Bagian di sektor pendidikan. Dana $39 miliar mengalir ke TK sampai kelas 12 dan pendidikan tinggi. Sekitar $8 miliar dana ini bisa dipakai untuk perbaikan dan modernisasi sekolah dan perguruan tinggi.

Departemen Pendidikan akan mendistribusikan dana ini secepatnya dalam beberapa tahun mendatang. Dana ini akan menambah sampai $25 miliar untuk program pendidikan “No Child Lef Behind”, termasuk membantu menggaji guru. Juga, menambah $4 miliar untuk program pendidikan dini untuk anak-anak, seperti “Early Head Start” dan “Child Care Program”.

Utang Nasional

Satu hal pasti tentang paket stimulus Presiden $790 miliar ini, yaitu membengkaknya utang federal. Para pakar memperkirakan defisit tahun 2009 mencapai $1.6 triliun. Ini tiga kali lipat dari defisit tahun lalu. Utang nasional AS seluruhnya sekitar $ 10.7 triliun. Kalau dipukul rata, setiap orang Amerika (laki, perempuan dan anak-anak) punya utang sekitar $36,000 per kepala. Bunga pembayaran utang ini saja sekitar $ 500 miliar tahun ini saja. Ini pengeluaran federal terbesar ke-4, setelah Medicare-Medicaid, Social Security dan Militer. Utang ini jelas akan membebani anak-anak kita, mungkin cucu-cucu kita. Dan pemerintah AS akan meminjam semakin banyak dari China, Jepang, Inggris, Saudi Arabia dan kreditor asing lain.

Lingkungan

Paket stimulus Obama termasuk $ 9.2 miliar untuk berbagai proyek lingkungan di Departmen Dalam Negeri dan Environmental Protection Agency (Badan Perlindungan Lingkungan). Dana $ 7.2 miliar disisihkan untuk EPA, antara lain untuk membantu memperbaiki sistem pengadaan air minum dan mendanai proyek perbaikan dan perlindungan sungai, waduk dan danau sebagai sumber air minum. Sekitar $ 800 juta dana EPA akan dipakai untuk membersihkan tangki perminyakan dan daerah pembuangan limbah yang berbahaya.

Polisi

Stimulus juga ditujukan untuk perbaikan kemananan dengan suntikan dana lebih dari $ 3.7 miliar untuk program kepolisian berupa perekrutan tenaga polisi baru. $2 milar dialokasikan untuk mendanai antara lain gugus tugas obat-obat terlarang dan program perbaikan penjara.

Pendidikan Tinggi

Pell Grant, sebuah hibah untuk membantu mahasiswa dengan pendapatan rendah bersekolah di perguruan tinggi, akan bertambah. Dari $4.731 (sekarang) menjadi $ 5.350 mulai 1 Juli mendatang dan $ 5,550 di tahun 2010-2011. Jumlah ini paling tidak membantu menutupi rata-rata uang sekolah selama tiga quarter di perguruan tinggi. Sekitar 7 juta mahasiswa akan menerima pendanaan Pell ini.

Stimulus juga menambah tax credit $ 2,500 untuk uang sekolah. Ini pengembalian pajak sebesar 40%. Dengan ini keluarga yang kurang mampu membayar pajak pendapatan bisa memperoleh bantuan uang sekolah sampai $ 1,000.

Fakir Miskin

Lebih dari 37 juta orang Amerika hidup dalam kemiskinan. Kebanyakan perlu bantuan dengan paket stimulus besar ini. Jutaan orang lagi bisa dibantu agar tidak masuk dalam kategori ini. Orang-orang yang penerima food stamps – sekitar 30 juta dan makin bertambah – akan mendapatkan bantuan ekstra. Orang-orang korban PHK penerima unemployment check – sekitar 5 juta dan jumlahnya masih bertambah – akan mendapat tambahan $25 dan cek ini akan diperpanjang. Orang-orang yang penerima SSI (Supplemental Security Income) – sekitar 7 juta orang Amerika yang lanjut usia, penderita tunanetra dan ketunaan lainnya – akan mendapatkan sekali tunjangan ekstra sebesar $ 250.

Banyak keluarga Amerika berpendapatkan rendah kemungkinan besar mendapatkan tax credit dalam tiga bentuk. Pertama, Child Tax Credit tambahan, Earned Income Tax Credit dan Refundable Tax Credit baru untuk golongan pekerja. Tiga jenis tax credit diharapkan bisa mencegah lebih dari 2 juta orang Amerika masuk ke jurang kemiskinan, termasuk lebih dari 800 ribu anak-anak, menurut sebuah lembaga riset, Center on Budget and Policy Priorities.

Paket ini juga menyediakan dana darurat $ 3 miliar untuk dana sementara untuk keluarga yang membutuhkan. Juga, negara-negara bagian yang kesulitan keuangan akan disuntik dengan dana $ 87 miliar untuk Medicaid, program kesehatan untuk fakir miskin dan paling tidak usaha ini menghindarkan kaum kurang mampu terlepas dari bantuan pemerintah.

(magenta – sumber: AP)