Teh pagi adalah ritual harian bagi orang-orang di seluruh dunia. Bangun dari tempat tidur untuk minum teh hangat adalah pemandangan pagi yang biasa. Di banyak negara, mereka lebih memilih teh daripada kopi untuk memulai laju metabolisme dan mengaktifkan tubuh sepanjang hari. Tidak ada yang bisa mengalahkan kehangatan secangkir teh yang baru diseduh dengan beberapa kue di pagi hari. Ada beberapa jenis teh yang tersedia di seluruh dunia — teh hijau, teh hitam, teh kacang biru, teh putih, dll.

Teh Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan

Teh hijau adalah ramuan yang luar biasa dalam hal teh dengan manfaat kesehatan. Karena dikemas dengan antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang menjadikannya hal yang tepat untuk ditambahkan ke dalam diet harian kita. Sederhananya, teh hijau dinikmati oleh mereka yang menyukai aroma lembut dan banyak manfaat kesehatannya. Kita semua berbicara banyak tentang jumlah yang tepat dari teh ini yang harus dikonsumsi, tetapi yang tidak pernah kita soroti adalah waktu yang ideal untuk minum teh.

Ya, ada yang namanya ‘waktu yang tepat untuk minum teh hijau’ . Jadi apa itu?

Untuk memahami hal ini, kita perlu mengetahui apa yang terkandung dalam teh hijau yang membuatnya sangat baik untuk kesehatan kita, namun berbahaya jika tidak dikonsumsi dengan cara yang benar (di waktu yang tepat). Pernahkah Anda berpikir tentang apa yang membuat kita senang setelah minum secangkir teh? Ini adalah kafein di dalamnya. Sesuai penelitian, teh hitam dan teh matcha memiliki jumlah kafein tertinggi di dalamnya dibandingkan dengan teh hijau biasa. Tetapi kafein masih ada dan itulah yang membuatnya menjadi minuman yang tidak boleh dikonsumsi setiap saat sepanjang hari.

Nah, untuk memperjelas, kafein dalam teh hijau bukanlah penjahat sebenarnya. Muncul dengan beberapa manfaat kesehatan lainnya, termasuk meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan perhatian, serta membuat Anda tetap energik. Namun, kafein yang ada dalam teh hijau hadir dengan beberapa efek samping yang serius. Ini merangsang produksi asam klorida di lapisan perut kita, pada dasarnya asam yang membantu mencerna makanan kita. Kelebihan produksi asam lambung ini dapat merusak dinding dalam jangka panjang.

Efek Samping Teh Hijau

Teh hijau yang berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda, berikut adalah beberapa efek samping teh hijau (ketika Anda meminumnya saat perut kosong) yang harus Anda ketahui:

  • Maag
  • Keasaman
  • Masalah perut
  • Masalah pencernaan
  • Sakit kepala
  • Kecemasan
  • Masalah tidur
  • Anemia
  • Gangguan pendarahan
  • Mual
  • Masalah hati
  • Kesehatan tulang

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Minum Teh Hijau?

“Minum teh hijau yang memiliki kadar kafein tinggi saat perut kosong dapat menyebabkan mual atau mual. ​​Pada beberapa orang, terlalu banyak kafein menyebabkan mulas, mudah tersinggung, tangan gelisah, dan detak jantung yang cepat. Itu sebabnya tidak pernah disarankan untuk meminum teh ini dengan perut kosong atau hal pertama di pagi hari,” kata Dr. Naymbiar Tejashwi, Ahli Gizi dikutip KABARI dari healthsite.

Lalu kapan sebaiknya minum teh hijau untuk hasil terbaiknya? Menurut para ahli, waktu terbaik untuk minum teh adalah satu jam setelah sarapan atau makan siang, atau di malam hari bersama dengan makanan ringan. Ada juga beberapa cara luar biasa di mana seseorang dapat mengonsumsi teh hijau untuk menurunkan berat badan.

Teh hijau dicampur dengan herbal, madu, atau lemon, adalah minuman luar biasa yang dapat membantu memulai hari dengan catatan yang benar (tetapi tidak dengan perut kosong, minumlah dengan cara yang kami sebutkan di atas.) Juga, jika Anda sudah menderita dari kondisi kesehatan apa pun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda tentang waktu yang ideal untuk minum teh atau kopi jika sedang dalam pengobatan apa pun.

Baca Juga: