Misi saya adalah memberikan bantuan ekonomi kepada pengrajin kecil Asia Tenggara

Jika anda sedang berjalan-jalan di kota San Francisco, tepatnya di kawasan West Portal, singgahlah ke toko Etteniotna. Dilihat dari luar, toko yang kelihatannya terpencil dari luar ini sangat mengundang penasaran bagi pejalan kaki yang lalu-lalang karena dekorasi dan pernak-perniknya yang meriah menghiasi kaca jendela.

Lebih jauh, jika anda masuk ke dalam, anda akan merasakan kenyamanan bak mengunjungi rumah yang asri, ditambah lagi dengan sambutan ramah sang pemilik toko, Arlette Adams. Nama ini, kalau dilihat dari ejaannya, seolah-olah bisa membuat lidah jelimet. Tapi sebutannya cukup gampang, yaitu ettin-yo-na. Selain namanya, apa yang sebenarnya membuat toko ini unik? Arlette menjelaskan, “Nama Etteniotna adalah kebalikan dari nama putri tunggal saya Antoinette. Toko Etteniotna menawarkan barang-barang seni kerajinan tangan dan aksesoris dari Negara-negara Asia Tenggara termasuk Filipina, Indonesia, dan Vietnam.”

Di toko milik Etteniotna, anda bisa mendapatkan berbagai macam tas rajutan tali rafia dari propinsi Cotabato di Filipina, batu kali yang bertuliskan pesan dari Indonesia, dan vas bunga yang dibuat dari damar bertatahkan biji mahoni dan kulit papaya dari Vietnam. Selain itu, anda juga bisa menemukan barang-barang aksesoris wanita seperti anting, kalung, dan gelang.

Wanita asal Filipina ini juga menegaskan, “Saya ini seniwati yang sangat mencintai dan menghargai seni-seni Asia Tenggara. Misi saya membuka toko ini adalah untuk membantu ekonomi para seniman dan pengrajin kecil. Wanita ramah yang telah berdomisili di AS selama sepuluh tahun ini tiap dua kali setahun bersama Antoinette pulang pergi ke desa-desa dan kota-kota kecil di Asia Tenggara untuk belanja barang dagangannya.

Yang lebih menarik lagi dari toko ini adalah tersedianya barang-barang dan pernak-pernik lucu untuk anak kecil. Dari aksesoris, sampai alat-alat seni menggambar dan kerajinan tangan untuk anak-anak yang dijamin di Amerika ini hanya bisa ditemukan di toko Etteniotna, karena salah satu teman baik Arlette adalah seorang seniwati kerajinan tangan dan perancang aksesoris anak-anak cukup ternama di Filipina. Selain itu, yang membuat toko ini unik adalah adanya semacam program pendidikan atau kursus seni kerajinan tangan bagi anak-anak, dimana Arlette sendiri yang menjadi pengajar.

Wanita berbahasa Inggris dan Tagalog yang seringkali mengerjakan seni kerajinan tangan bersama putri tunggalnya Antoinette ini berujar, “Antoinette benar-benar memberikan saya inspirasi dan motivasi untuk membangun toko Etteniotna dan program kursus seni kerajinan tangan. Karena suatu saat saya ingin sekali melihat anak saya meneruskan usaha ini.”.

Program kursus ini bernama “After School Program: CRAFT WORKSHOP”, dimana anak-anak usia 6 tahun ke atas bisa berpartisipasi. Arlette yang aktif di berbagai macam acara masyarakat dan sosial, khususnya di Hari Natal ini memberitahukan kelebihan program kursus CRAFT WORKSHOP. Ia akan mengambil sepuluh persen dari hasil keuntungan yang ia raih dari tiap anak yang berpartisipasi, dan disumbangkan kepada sekolah sang anak tersebut. Selain itu, setiap tahunnya Arlette dan putrinya, Antoinette, mengadakan pesta ulang tahun kerajinan tangan bagi anak-anak yang datang dari keluarga kurang mampu. Jika anda tertarik, kunjungilah toko Etteniotna yang berlokasi di 248 West Portal Avenue di kota San Francisco. Atau kunjungi situs www.etteniotna.com untuk informasi lebih lanjut. (Inna)