KabariNews – Hati-hati bila berbelanja barang bermerek terkenal seperti Gucci, Nike dan Coach. Jangan-jangan barang-barang mahal itu palsu.

Seperti diberitakan Reuters, penuntut AS mengatakan lebih dari duapuluh orang telah ditangkap karena terkait dengan sebuah komplotan pemalsu barang bernilai jutaan dolar. Komplotan ini mengapalkan barang-barang palsu dari China ke Amerika.

Sebanyak 29 orang yang terkait dengan dua kelompok kejahatan dikenakan tuduhan berkonspirasi untuk memasukkan barang-barang palsu bernilai 325 juta dolar, termasuk sepatu , tas Gucci dan sepatu Nike palsu lewat pelabuhan New Jersey.

Penangkapan itu berlangsung di New Jersey dan New York, minggu lalu. Satu penangkapan dilakukan di Manila, Filipina. Beberapa tersangka masih belum tertangkap.

Keberhasilan ini merupakan hasil dari penyelidikan selama dua tahun oleh badan penegak hukum Amerika. Penyelidik Amerika pertama kali mulai meneliti kegiatan ini berdasarkan sebuah petunjuk dari Imigrasi dan Bea Cukai AS.

Tuduhannya termasuk konspirasi, perdagangan barang palsu dan pencucian uang. Penyelidikan barang palsu ini mengantar mereka ke sebuah komplotan pedagang narkoba. Tiga dari tersangka dikenakan tuduhan mengimpor 50 kilogram meta-ampetamin kristal dari Taiwan.