Badai Irene menuju Amerika Serikat, setelah sebelumnya melanda Bahama. Lima negara bagian di Amerika Serikat (AS) menyatakan dalam keadaan darurat atas kemungkinan badai itu.

New York menjadi negara bagian terbaru yang menyatakan kewaspadaannya akan akibat badai Irene, setelah Gubernur Andrew Cuomo mengumumkan keadaan darurat (state of emergency) pada Jumat (26/8) WIB. Sebelumnya, Gubernur Virginia Bob McDonnel, Gubernur New Jersey Chris Christie dan Gubernur Martin O’Malley telah melakukan hal yang sama.

Sementara itu, Gubernur North Carolina Beverly Perdue,  seperti dilansir LA Times, membatasi deklarasinya pada bagian timur di Interstate 95. Negara bagian ini diperkirakan akan menjadi wilayah yang pertama terkena hantaman Badai Irene Sabtu (27/8) besok.

Deklarasi darurat ini memungkinkan negara bagian yang mengumumkannya untuk menggelontorkan dana dan memotong pita merah birokrasi guna mempercepat bantuan serta penanganan personel darurat di wilayah-wilayah penting.

Hal ini menunjukkan, Badai Irene diprediksikan akan merusak dan bahkan mungkin, mematikan. Saat ini, Irene masih digolongkan badai Kategori 3, dengan kecepatan angin lebih dari 200 km per jam dan sedang melanda Kepulauan Bahama.

Namun, badai ini bisa naik ke Kategori 4 sebelum mencapai pesisir paling timur North Carolina dan pulau-pulau pembatasnya yang rentan. Badai Irene membuat seluruh rencana perjalanan wisata di wilayah sekitarnya ditangguhkan sementara oleh otoritas.

Irene di Bahama

Di pulau Mayaguana, Bahama, Badai Irene merusak atap, menerbangkan pohon dan tiang listrik, membuat pulau tersebut tidak memiliki pasok listrik, lapor Associated Press (AP) mengutip perwira polisi, Vernon Rahming.

Kapten Stephen Russell, pimpinan Badan Penangangan Darurat Nasional Bahama mengatakan kepada AP (25/8) bahwa dua pulau selatan adalah daerah yang paling parah terkena akibatnya. “Dua pemukiman rusak di Acklins dan Crooked, pulau yang dihuni ratusan orang”, katanya. Curah hujan di beberapa tempat Bahama diperkirakan mencapai 30 cm sehingga jalan ke ibu kota Nassau sulit dilalui.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?37217

Untuk

melihat artikel Amerika / National lainnya, Klik
di sini

Mohon beri nilai dan komentar
di bawah
artikel ini

______________________________________________________

Supported
by

: