Setiap anda bepergian mengendarai mobil dengan jarak tempuh yang jauh  apalagi kalau malam hari, pastikan kondisi mobil dalam keadaan baik, bensin penuh, serta lampu-lampu dan rem berfungsi baik. Hal-hal kecil seperti senter juga jangan sampai ketinggalan. Bawa juga telepon genggam dengan baterai penuh dan pulsa yang cukup. Kemudian Pastikan anda membawa persediaan air minum, untuk menghindari kehausan ditengah jalan yang sepi.

Gangguan mobil mogok sampai sekarang merupakan hal yang sering menyebabkan jengkel pemilik mobil. Lebih tidak menyenangkan lagi jika anda tidak tahu penyebabnya dan apa yang musti dilakukan. Kenali mobil anda sehingga anda bisa mendeteksi penyebab dari mogok tersebut. Beberapa penyebab mogok dan tindakan darurat yang dapat anda lakukan adalah seperti berikut ini :

1. Pada umumnya gangguan mogok disebabkan karena ketidakberesan pengapian atau system bahan bakar.

2. Gangguan pada system pengapian biasanya terjadi pada komponen pendukungnya seperti koil, CDI, platina dll. Tanda-tandanya mesin akan tersendat-sendat terlebih dahulu atau kadang-kadang terdengar letusan dari knalpot.

3. Gangguan pada system bahan bakar, bisa karena tak sampainya bahan bakar ke silinder atau ruang bakar. Sehingga membuat mesin langsung mati tanpa tersendat. Biasanya karena aliran bahan bakar terganggu akibat dari tersumbatnya saluran bahan bakar dari tangki. Kasus ini banyak dijumpai pada mobil berkaburator atau injeksi bahan bakar.

4. Sedangkan pada mobil dengan fuel injection penyebabnya bertambah lagi yakni karena adanya kerusakan pada pompa bahan bakar. Gejala tersendat bisa muncul lantaran saringan bahan bakar kotor. Biasanya tak menyebabkan mesin mati seketika dan hanya terasa pada putaran tinggi. Bila gas dilepas atau putaran mesin diturunkan, gejala ini akan berkurang atau bahkan hilang. Segera bersihkan saringan bahan bakar. Sebab jika lama dibiarkan kotoran akan terbawa ke karburator atau injector.

Tindakan Darurat :

Untuk system pengapian, lepas salah satu kabel busi dan dekatkan ke mesin. Hidupkan mesin dan perhatikan apakah ada loncatan bunga api dari kabel tegangan tinggi. Bila tak ada atau kecil sama sekali, berarti ada gangguan di system pengapian. Bila api yang dihasilkan cukup besar gangguan bukan berasal dari situ. Untuk mengecek sampai tidaknya bahan bakar ke silinder bisa dilakukan beberapa cara. Pada mobil berkarburator, periksa aliran bensinnya dengan melepas slang bahan bakar menuju karburator. Atau dengan mengintip gelas atau mangkuk pada komponen pengabut bensin atau karburator itu untuk melihat jumlah bensin di dalamnya. Bila terisi berarti bensin masih mengalir dan kesampingkan sumbatan alirannya. Pada mobil berinjeksi bahan bakar, selain memeriksa slang saluran bahan bakar menuju injector, cek bensin yang lewat nipel pada saluran bahan bakar. Bila kendaraan anda masih belum menyala, segera telepon bengkel terdekat atau mobil Derek. Jika anda mogok di malam hari ditengah jalan yang sepi, waspadalah terhadap orang yang ingin berniat membantu, tetapi anda tetap bersikap wajar dan semabari perhatikan penampilannya. Pastikan anda memiliki nomor panggilan darurat yang stand by di telepon genggam anda(yayat)