FORMAT BARU GELAR WICARA MALAM

Selama ini, studio-studio televisi di Hollywood selalu berjubel dengan audiens yang hendak ambil bagian dalam sesi rekaman berbagai gelar wicara malam, seperti Jimmy Kimmel Live, The Daily Show with Trevor Noah, Full Frontal with Samantha Bee, dan masih banyak lagi. Fenomena tersebut seketika berubah saat virus corona menyerang. Mulai pertengahan bulan Maret 2020, stasiun-stasiun TV di Hollywood bergegas mengambil keputusan untuk merekam program Late Night mereka tanpa partisipasi audiens di studio. Seiring kian mewabahnya virus tersebut pada akhir bulan, seluruh studio TV memutuskan untuk menangguhkan produksi gelar wicara mereka. Sementara, banyak pembawa acara program Late Night yang hijrah ke YouTube guna tetap menghibur fans mereka. Jimmy Fallon, misalnya, masih tetap mewawancarai tamu-tamu spesialnya dalam segmen yang ia sebut The Tonight Show: At Home Edition dengan Lin-Manuel Miranda yang bergabung melalui ranah video conference.

PENGHENTIAN PROSES SYUTING

Untuk mencegah penyebaran COVID-19, mayoritas rumah produksi di Hollywood memutuskan untuk menghentikan proses syuting untuk sementara waktu hingga pandemik global tersebut bisa teratasi. CBS Studios, misalnya, telah menangguhkan produksi 2 serial legendaris mereka The Young and The Restless dan The Bold and The Beautiful selama 2 minggu. Sementara itu, Warner Bros. juga menghentikan proses syuting film The Matrix 4 yang baru saja pindah lokasi dari San Francisco ke Berlin, Jerman. Studio yang bermarkas di Burbank ini juga menunda proses syuting film The Batman dan Fantastic Beasts yang ke-3.

PENUNDAAN TANGGAL RILIS

Sehubungan dengan arahan social distancing, rumah-rumah produksi Hollywood juga dengan terpaksa menunda tanggal rilis film-film mereka. Walt Disney Pictures, misalnya, telah menunda tanggal rilis untuk film Mulan akibat pandemik COVID-19. Film yang disutradarai oleh Niki Caro ini juga membatalkan acara red carpet di Eropa. Sejauh ini, pihak Disney belum menetapkan rencana lebih lanjut untuk merilis film tersebut.

BERALIH KE STREAMING

Kebijakan social distancing dan karantina yang kian mengglobal memaksa setiap individu untuk tinggal di rumah. Merespon fenomena tersebut, Hollywood memilih untuk jemput bola. Universal Pictures, misalnya, akan menyediakan opsi untuk menonton online film-film terbaru mereka, dimulai dengan Trolls World Tour dari DreamWorks Animation pada 10 April mendatang. Menurut keterangan pers yang dirilis, pihak Universal Pictures menolak untuk menunda tanggal rilis film mereka dan menyiasatinya dengan menyediakan sarana online bagi masyarakat agar tetap dapat menonton film-film yang mereka rilis dari rumah dengan akses yang mudah dan harga yang terjangkau.

PERUBAHAN PERATURAN GOLDEN GLOBE & EMMY AWARDS

Hollywood Foreign Press Association (HFPA) dan TV Academy menerapkan perubahan aturan akibat krisis yang disebabkan oleh COVID-19. HFPA telah mengumumkan bahwa pihaknya memodifikasi sementara aturan kelayakan untuk Golden Globe Awards karena bioskop dan ruang pemutaran film yang tutup akibat arahan social distancing selama wabah virus corona. Di bawah pedoman yang baru, distributor film tidak perlu mengadakan acara pemutaran film bagi anggota HFPA. Meski demikian, mereka masih harus memenuhi persyaratan waktu dari peraturan kelayakan Golden Globes di mana anggota HFPA harus dapat menonton film selambat-lambatnya satu minggu setelah tanggal rilis di Los Angeles. Sebagai pengganti penayangan langsung, distributor film diwajibkan untuk mengirim tautan film atau salinan DVD sehingga dapat ditonton oleh para anggota HFPA dari kediaman masing-masing.