Sebenarnya mengolah daging sapi atau daging kambing tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kta hanya perlu mengetahui triknya agar tidak salah dalam mengolahnya, supaya cepat empuk dan gampang dimasak, sehingga tidak memerlukan waktu berjam-jam untuk merebusnya.

Ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengempukkan daging sapi maupun daging kambing.

Namun sebelum membahas tentang bahan alami yang akan digunakan, sebagai informasi  jangan mencuci daging terutama daging kambing apalagi secara berulang- ulang karena dapat meningkat aroma khasnya.  Anda pun tidak perlu khawatir sebab proses perebusan dapat sekaligus membersihkan dan menghilangkan aroma prengus (bau) daging kambing.

berikut ini bahan alaminya yang dapat digunakan untuk mengempukkan daging;

1. Kopi

Buatlah segelas kopi kental lalu diamkan hingga dingin, rendamlah daging tersebut dalam larutan kopi biarkan selama 24 jam hingga daging empuk, ini akan membuat rasa daging semakin kuat.

2. Cairan Asam

Cuka Apel, cuka dapur, dan perasan lemon juga bisa dimanfaatkan untuk mengempukan daging. Lumuri daging dengan salah satu cairan asam tersebut, diamkan beberapa saat sebelum diolah, kandungan asam bisa melembutkan otot dan serat daging sekaligus menambah rasa dan menghilangkan bau amis.

3. Teh

Sedulah 1 hingga 2 gelas teh hitam pekat dinginkan beberapa saat, gunakan larutan teh tersebut untuk merendam daging biarkan selama beberapa menit, kandungan tanin yang terdapat pada teh berguna sebagai pengempuk alami.

4. Lobak

Merebus daging dengan lobak selama kurang lebih setengah jam, lobak memiliki kadar kolin yang rendah mampu menetralisir bau prengus pada daging kambing yang berkadar kolin tinggi.

5. Jahe

Lumuri daging dengan jahe yang sudah diparut, lalu diamkan beberapa menit. Dalam jahe  terdapat enzim proteolitik alami yang mampu mengurai ikatan protein dalam daging sehingga menjadi empuk.

6. Saus Tomat

Hampir sama dengan fungsi cuka, saus tomat juga  memiliki kandungan asam tinggi  yang bisa mengempukkan daging.

7. Nanas dan Pepaya  

Kedua buah ini mengandung enzim nabati yang bisa melarutkan protein dan jaringan ikat pada daging, anda cukup melumuri daging  dengan buah nanas dan pepaya yang telah dihaluskan selama beberapa jam.

8. Kacang Hijau

Bahan alami ini juga bisa digunakan untuk mengempukan daging. Untuk satu kilogram daging dibutuhkan lima gram kacang hijau. Rebus selama 15 menit dan Anda pun bisa langsung mengolahnya. (1010)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?67734

Untuk melihat artikel Tips & Trik lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Tip Top