Konsul Amerika Serikat di Medan hadirkan Native Deen, grup musik hip-hop muslim asal AS ke Medan. Hal itu sebagai upaya mendukung kegiatan diplomasi kebudayaan di Indonesia. Konser tersebut digelar di kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara pada Kamis (1/3) Menurut Konsul Amerika di Medan, Kathryn Crockart, kegiatan ini juga untuk mempromosikan kebudayaan Amerika Serikat dan Indonesia.

Konser di Medan, menurut dia, satu-satunya yang diadakan di Indonesia, dalam rangka tur Asia grup musik yang beranggotakan Joshua Salaam, Naeem Mohammad dan Abdul Malik Ahmad. Grup musik asal Washington DC, Amerika Serikat itu selalu konsisten membawakan tema-tema dakwah dalam setiap lagunya, dan telah banyak menginspirasi orang di seluruh dunia.

Tak heran bila di tahun 2006 memenangkan Mahabba Award di Dubai, sebuah penghargaan bagi seniman, musisi dan pembuat film yang banyak menginspirasi orang dalam menyebarkan Islam melalui seni.

Selain konser, kehadiran mereka juga dirangkaikan dengan beberapa acara lainnya seperti diskusi dengan mahasiswa, akademisi dan siswa mengenai Islam di Amerika, serta diskusi dengan komunitas hip-hop Medan.

Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Haji Agussani mengatakan, pihaknya bangga mendapat kesempatan digelarnya konser satu- satunya grup musik hip-hop terkenal asal Amerika Serikat.
“Kami juga berharap dengan adanya konser dan diskusi ini dapat dimanfaatkan mahasiswa UMSU untuk lebih mengenal budaya Amerika Serikat. Dengan demikian niat untuk melanjutkan studi ke negara “Paman Sam” itu juga semakin meningkat,” katanya. Konser tersebut memang terbukti menghibur para mahasiswa UMSU.

“Melalui konser kami di Indonesia, kami ingin menggali budaya Indonesia yang unik dan keanekaragaman masyarakat Islam di sini. Mereka juga bisa mengenal Muslim Amerika,” kata Joshua Salaam kelahiran di Kota New Jersey, pada tahun 1973.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?37920

Untuk melihat artikel musik lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :