Barack Obama kini telah resmi menjadi presiden Amerika Serikat untuk kali kedua. Dia telah diambil sumpahnya dalam upacara yang berlangsung singkat dan sederhana di Gedung Putih, yang merupakan kediaman resmi Presiden AS.

Upacara pengambilan sumpah berlangsung pada Minggu (20/1) waktu setempat. Prosesi berjalan singkat dan hikmat, sesuai perintah Konstitusi AS yang mengharuskan pelantikan presiden berlangsung pada tanggal 20 Januari.

Obama mengucapkan sumpah untuk masa bakti kedua sebagai presiden Amerika terpilih. Presiden Amerika itu tidak sendiri, didampingi istrinya Michelle Obama dan kedua putrinya, Sasha dan Malia, Obama dengan tegas mengucapkan sumpah. Dengan meletakkan tangan diatas Alkitab, Obama bersumpah akan menjaga, melindungi dan mempertahankan Konstitusi Amerika Serikat.

Di masa jabatannya yang kedua ini, nampaknya Obama sudah dihadang dengan sejumlah tugas berat. Ada tiga masalah besar yang harus dihadapainya, yaitu upaya mengubah undang-undang kepemilikan senjata di kalangan warga sipil, mereformasi kebijakan migrant dan mengatasi masalah utang AS.

Sama seperti Obama, wakil presiden Joe Biden pun diambil sumpah dikediamannya. Pengambilan sumpah memang dilakukan Minggu, namun perayaan inagurasinya akan berlangsung pada hari Senin (21/1) waktu setempat di Washington DC.  Pada  perayaan inagurasi, Obama dan Joe Biden akan mengulang kembali sumpah mereka di hadapan rakyat Amerika.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?52099

Untuk melihat artikel Amerika / National lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :