Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyampaikan ucapan selamat atas suksesnya penyelenggaraan Pilpres 2014 di Indonesia. Gedung putih menilai pilpres kali ini sebagai suatu sejarah.”Tingkat partisipasi pemilih yang tinggi, kampanye dan partisipasi yang kuat dari seluruh rakyat Indonesia, masyarakat madani dan media massa telah menegaskan kuat dan dinamisnya kematangan demokrasi Indonesia,” ujar juru bicara Gedung Putih, dalam keterangan tertulis yang dilansir Kedutaan Besar Indonesia di Washington DC, dalam pernyataannya, Kamis (10/7) dini hari waktu Indonesia.

Sebagai negara kedua dan ketiga demokrasi terbesar di dunia, Amerika Serikat dan Indonesia memiliki kepentingan dan nilai yang sama termasuk keyakinan yang kuat terhadap arti penting penghormatan terhadap hak asasi manusia, tata kelola pemerintahan yang inklusif dan persamaan kesempatan bagi setiap individu.

Kemitraan Komprehensif yang telah diluncurkan kedua negara pada tahun 2010 merupakan komitmen jangka panjang berlandaskan kepentingan bersama untuk memperluas, memperdalam dan meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat.”Presiden Obama sangat menginginkan keberlanjutan kemitraan yang sangat penting dengan Presiden baru Indonesia dan dengan parlemen yang baru saja terpilih,” ujar juru bicara Gedung Putih.

Presiden Obama juga menyinggung mengenai kemitraan yang selama ini telah terjalin erat dengan Presiden SBY, untuk memperkuat hubungan bilateral kedua negara dan hubungan Amerika Serikat dengan ASEAN. Obama berharap hubungan erat tersebut terus berlanjut di masa yang akan datang. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?67877

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

jason_yau_lie