Penata rambut dan wajah Kazu Hiro kembali membawa pulang Piala Oscar dalam kategori Best Makeup and Hairstyling di ajang Academy Awards 2020 untuk karyanya dalam film Bombshell. Dua tahun silam, makeup artist asal Jepang ini berhasil memboyong penghargaan serupa untuk pahat karyanya dalam film Darkest Hour. Seniman asal Jepang ini juga pernah mendapatkan nominasi Piala Oscar sebanyak 2 kali sebagai apresiasi atas karyanya dalam film Norbit (2007) dan Click (2006).

Transformasi Gary Oldman salami
Darkest Hour (dok. Focus Features)

Kepiawaian Kazu dalam seni prostetik & visual memang tidak perlu diragukan lagi sebagaimana tercermin dari karyanya dalam film Looper, Total Recall, Salt, Tron: Legacy, G.I. Joe: The Rise of Cobra, Transformers: Revenge of the Fallen, Angels and Demons, dan The Curious Case of Benjamin Button.

Darkest Hour

Sukses aktor Gary Oldman dalam memerankan mantan Perdana Menteri (PM) Inggris Winston Churchill dalam film Darkest Hour tidak terlepas dari tangan dingin Kazu Hiro dan timnya. Sebagaimana sang aktor, Kazu juga berhasil membawa pulang Piala Oscar di ajang Academy Awards 2018.

Karya ahli tata rias kelahiran Kyoto tersebut memang sangat dikagumi banyak kalangan di dunia perfilman Hollywood. Di banyak kesempatan, Gary Oldman mengungkapkan bahwa dirinya tidak akan mengambil peran tersebut tanpa keterlibatan Kazu sebagai kepala tim tata rias dalam projek tersebut. Namun demikian, Kazu sejatinya telah pensiun dari dunia perfilman Hollywood sejak tahun 2012 untuk fokus sebagai seorang pematung. Untuk mewujudkan keinginannya tersebut, Gary pun rela turun gunung untuk membujuk Kazu agar mau kembali berkarya di Hollywood.

Transformasi Charlize dalam film Bombshell (dok. Lionsgate)

Pada masa persiapan, Kazu membandingkan foto wajah Gary dan Churchill dalam program Photoshop, di mana mengubah bentuk mata, hidung, mulut, dan dagu. Fase tersebut dilanjutkan dengan sederet uji coba make-up dengan sang aktor selama 6 bulan. Berangkat dari hasil uji coba tersebut, ia mulai membentuk leher, hidung, dagu, dan mengubah bentuk telinga pada bahan silikon lunak bercampur plastisin. Sementara itu, rambut palsu yang dipilih terbuat dari campuran rambut bayi dan orang dewasa untuk memberi tampilan tekstur tipis yang pas di depan kamera. Selama 48 hari syuting, aktivitas harian seorang Gary Oldman diawali dengan 3 jam di kursi rias sebelum memulai aktingnya sebagai PM Churchill.

Bombshell

Patung Abraham Lincoln
(dok. Kazu Studios)

Bombshell diangkat dari kisah nyata seputar skandal seksual yang melibatkan Roger Ailes selaku CEO Fox News. Film yang disutradarai oleh Jay Roach ini dibintangi oleh Charlize Theron sebagai Megyn Kelly, Nicole Kidman sebagai Gretchen Carlson, dan John Lithgow sebagai Roger Ailes.

Kazu mengaku menggunakan beberapa teknik untuk mentransformasi aktor-aktor tersebut menjadi tokoh yang mereka perankan dalam Bombshell. Untuk membuat lubang hidungnya terlihat lebih besar, ia memasang sumbat temporer pada hidung Charlize. Menurutnya, perbedaan mencolok antara Nicole Kidman dan Gretchen Carlson terletak pada hidung. Oleh sebab itu, ia membuat tempelan prostetik yang dapat membuat hidung Nicole terlihat lebih tebal dan bulat. Sementara untuk menyulap John Lithgow menjadi seorang Roger Ailes, ia mempersiapkan seperangkat prostetik yang membuat bibir John terlihat lebih tebal. Ia juga menyesuaikan potongan rambut keduanya.

Patung Audrey Hepburn
(dok. Kazu Studios)

LA Art Show

Di luar Hollywood, Kazu dikenal sebagai seorang pematung beraliran hiperrealistik yang terkemuka. Dengan menggunakan bahan utama resin dan silikon platinum, ia menampilkan potret 3D dalam skala dua kali lebih besar dari ukuran aslinya. Belum lama ini, patung tokoh-tokoh legendaris karyanya dipamerkan di LA Art Show. Kali ini, ruang pamer Kazu Studios menampilkan patung Abraham Lincoln, Audrey Hepburn, Frida Kahlo, Jimi Hendrix, Salvador Dali dan masih banyak lagi.