Masyarakat Indonesia di kawasan Los Angeles dan California Selatan hadir di lapangan parkir, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Los Angeles untuk mengikuti rangkaian upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-74.

“Upacara Perayaan HUT RI yang ke-74 ini terasa sangat meriah. Kami telah mengumumkan ke seluruh masyarakat Indonesia di kawasan Los Angeles dan sekitarnya untuk dapat menggunakan pakaian Batik/ tradisional Indonesia dalam rangka memeriahkan HUT RI tahun ini,” ungkap Konsul Jenderal RI di LA, Saud P. Krisnawan.

Terbukti, warna-warni Batik dan pakaian khas Nusantara lainnya membuat rangkaian acara HUT RI semakin meriah. “Saya liat di Instagram KJRI LA, dresscode upacaranya pakai baju daerah. Ya udah, saya pakai baju tradisional Ambon sekarang. Seru ya!” ungkap Rendi, seorang masyarakat Indonesia yang baru sekali ikut upacara bendera di luar negeri.

Kemeriahan rangkaian upacara HUT RI juga semakin terasa seiring hadirnya Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Ricky Joseph Pesik dan delegasi dari Jakarta yang sedang berada di LA untuk keperluan dinas. “Kehadiran kami di sini dalam rangka memberikan dukungan kepada 8 jenama Indonesia yang berpartisipasi pada Agenda Show Trade Expo di Las Vegas serta 4 soloist Indonesia yang tengah mengikuti program bersama 88Rising dan akan tampil di festival terbesar 88Rising di Los Angeles. Hal ini dilakukan dalam upaya Indonesia menembus pasar global,” jelas Ricky di sela-sela acara HUT RI ke-74 di LA.

 

Acara tahun ini juga diisi dengan perlombaan untuk anak-anak (Fun Games). Putra-putri Diaspora Indonesia antusias mengikuti berbagai perlombaan tradisional khas 17-an. Selain itu, panitia juga menyediakan makanan khas Indonesia, diantaranya nasi kuning, pempek Palembang hingga es cendol. Hidangan tersebut terbukti mampu mengobati rasa rindu kampung halaman.

Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 500 Diaspora Indonesia yang berdomisili di kawasan Los Angeles dan sekitarnya. Berbagai kelompok masyarakat, seperti Harley Davidson Club Indonesia di Amerika, Pecinta Sepeda Ontel Indonesia di Amerika dan Gojek Amerika juga turut meramaikan rangkaian upacara 17-an kali ini.