Berapa gaji Presiden Obama?

Mungkin anda bertanya-tanya berapa gaji dan apa saja benefit Obama sebagai orang nomor satu di negeri adidaya. Presiden, sebagai jabatan resmi
terpenting dalam pemerintahan AS, secara tradisional merupakan posisi dengan gaji tertinggi. Sejak 2001, Presiden AS menerima gaji sebesar $ 400,000 per tahun. Gaji Presiden AS pertama, George Washington hanya 25,000 saja per
tahun. Itu jumlah cukup yang cukup berarti di tahun 1789.

Sebagai perbandingan saja, menurut keterangan pers Kantor Kepresidenan RI, gaji SBY, Presiden RI sekarang, adalah sekitar $ 74.997 per tahun. Ini dengan asumsi gaji bulanan SBY sebesar Rp 62.497.800,- dikali 12 bulan dan kurs tukar $1 = Rp 10.000.

Presiden AS masa kini menikmati berbagai fasilitas bukan gaji lainnya, seperti hak tinggal dan bekerja di Gedung Putih di Washington, DC. Kalau melakukan perjalanan, Presiden bisa juga memakai fasilitas kantor modern yang didesain khusus di pesawat Boeing 747s. Pesawat ini biasa disebut Air Force
One jika sang Presiden menaikinya.

Presiden AS biasanya mengendarai limousine Cadillac anti peluru untuk mengitari Washington DC dan sekitarnya. Mobil ini dilengkapi juga dengan jendela dan ban tahan peluru serta sistem ventilasi khusus jika ada serangan kimia atau biologi.

Jika bepergian untuk jarak yang lebih jauh atau dalam kunjungan kepresidenan, Presiden AS bisa naik helicopter. Call sign untuk helicopter jika sang Presiden naik adalah Marine One.

Presiden AS juga punya hak memakai tempat tetirah khusus di Camp David di Maryland. Istana presiden ini sering dipakai untuk menjadi tempat Presiden sebagai tuan rumah untuk menjamu tamu-tamu negarawan asing penting ke AS.

Presiden AS dan keluarganya mendapat perlindungan penuh dengan pengamanan
ketat Secret Service. Sampai 1997, semua mantan Presiden AS dan keluarganya
dilindungi Dinas Rahasia sampai Presiden wafat. Presiden terakhir yang menerima proteksi dinas rahasia seumur hidup adalah Presiden Bill Clinton.

George W. Bush, Obama dan presiden AS mendatang hanya akan dilindungi oleh Dinas Rahasia selama maksimum 10 tahun setelah berakhirnya masa kepresidenan.

Presiden AS tetap menerima fasilitas lain sesudah menyelesaikan jabatan presiden, seperti hak menerima dan mengirim surat secara gratis, ruang kantor gratis, hak untuk memiliki paspor diplomatik dan dana untuk bantuan kantor dan staff.

Presiden AS juga menerima jaminan pensiun. Ini dimulai sejak Harry S. Truman menjabat Presiden AS di tahun 1958.

Semenjak masa Presiden Herbert Hoover, Presiden AS juga menerima dana dari Arsip Nasional (National Archives and Records Administration) untuk mendirikan perpustakaan kepresidenan. Ini bukan perpustakaan biasa, tetapi menyimpan dokumen, buku dan materi historis tentang Presiden yang bersangkutan.

(magenta)

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?32358

Mohon Beri Nilai dan Komentar di bawah Artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Photobucket