Berikut sederet hewan peliharaan yang turut berbagi layar dengan aktor dan aktris Hollywood yang melenggang ke panggung Piala Oscar tahun ini:

A Star Is Born

Selain Ally, ada satu lagi bintang baru yang lahir di akhir film A Star Is Born. Charlie, anjing milik penyanyi rock Jackson Maine (diperankan oleh Bradley Cooper) dan Ally (diperankan oleh Lady Gaga), juga berhasil merebut hati audiens film tersebut. Bradley, yang membintangi sekaligus menyutradarai film tersebut, mengaku ia tidak perlu berpikir dua kali dalam memilih Charlie. Pihak studio Warner Bros mengungkapkan bahwa ikatan Bradley dengan Charlie sangat alamiah sejak awal. Bradley menamai anjing tersebut Charlie untuk mengenang mendiang ayahnya, Charles J. Cooper, yang meninggal pada tahun 2011 karena kanker paru-paru.

Bohemian Rhapsody

Bohemian Rhapsody (dok. 20th Century Fox)

Musisi legendaris Freddie Mercury dikenal sebagai sosok yang sangat menyukai kucing. Pada suatu waktu, ia bahkan pernah memelihara 10 ekor kucing. Ciri khas tersebut juga ditampilkan dalam film biopik Bohemian Rhapsody produksi Fox Studios. Sayangnya, aktor Rami Malek yang berperan sebagai Freddie tersebut memiliki alergi pada kucing. Meski harus bersin berulang-ulang, ia pun terpaksa bekerja dengan kucing dalam film ini lantaran keberadaannya tidak dapat digantikan dengan hewan lainnya.

Can You Ever Forgive Me

Can You Ever Forgive Me (doc. 20th Century Fox)

Film biopik garapan sutradara Marielle Heler ini menampilkan Jersey, seekor kucing berwana hitam putih yang berusia 12 tahun. Dalam film tersebut, kucing tersebut dikisahkan sebagai satu-satunya teman hidup penulis Lee Israel (yang diperankan oleh Melissa McCarthy) selama hidup di New York City. Berbeda dengan karakter yang diperankannya, Melissa lebih suka memelihara anjing. Meski demikian, ia pernah memelihara kucing semasa kecilnya saat masih tinggal di kompleks perkebunan yang dikelola oleh kedua orang tuanya.

Roma

Roma (dok. Netflix)

Alfonso Cuaron sangat detil dalam merekaulang pengalaman hidupnya semasa kanak-kanak di distrik Colonia Roma, Mexico City. Ia pun sangat teliti dalam memilih berbagai perkakas rumah hingga anjing peliharaan untuk keperluan syuting film semi-autobriografinya yang berjudul Roma.
Beberapa bulan sebelum syuting dimulai, tim produksi film tersebut akhirnya berhasil menemukan seekor anjing jalanan yang identik dengan anjing peliharaan Alfonso semasa kecilnya. Anjing yang diberi nama Borras itu memiliki peran kecil tetapi penting dalam film Roma. Saat ditemukan, Borras sedang dalam keadaan sakit. Tim produksi pun mengirimnya ke rumah sakit untuk dirawat selama satu bulan karena beberapa masalah medis, seperti kudis, konjungtivitis, bronkitis, dan juga kutu. Setelah sembuh, Borras pun sempat dilatih dan dibiasakan dengan lokasi syuting.

The Favourite

The Favourite (dok. Fox Searchlight)

Sutradara Yorgos Lanthimos memerlukan bantuan dari banyak kelinci untuk merealisasikan filmnya kali ini yang dibintangi Olivia Colman sebagai Ratu Anne. Dalam keterangan persnya, produser Ceci Dempsey mengungkapkan bahwa kelinci-kelinci tersebut merupakan bagian dari inti cerita film ini karena mereka merupakan metafora yang melambangkan kesedihan sang ratu yang telah 17 kali kehilangan bayi dalam kandungannya. Meski sempat khawatir dengan kelakuan 17 ekor kelinci tersebut di temoat syuting, Ceci mengaku takjub dengan karakter kelinci yang sangat tenang dan taat saat mengikuti pelatihan. Pihaknya hanya perlu menggunakan persuasi lebih melalui pelatihan berminggu-minggu saat melatih Winky, seekor kelinci yang memiliki momen khusus dengan karakter Emma Stone menjelang akhir film.